Kualitas Pelayanan Publik Tentang Pemberian Bantuan Kepada Masayrakat Di Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar

Authors

  • Muhammad Syarief Mahasiswa Pascasarjana, Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Riau-Indonesia
  • Sri Wahyuni Dosen Program Pascasarjana, Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Islam Riau-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/jkp.2016.vol2(1).9344

Keywords:

Pelayanan Publik, Pemberian Bantuan Kepada Masyarakat

Abstract

Di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar berbagai jenis pelayanan publik terus dilakukan khususnya dalam bidang pelayanan pemberian bantuan kepada masyarakat. Namun secara umum masih diliputi oleh berbagai permasalahan dan fenemoena-fenomena yang terdapat di dalam organisasi birokrasi pelaksanan yaitu Bagian Administrasi Kesejateraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pelayanan publik pemberian bantuan pada Bagian Administrasi  Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten  Kampar, dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelaksanaan pelayanan publik pemberian bantuan pada Bagian Administrasi  Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten  Kampar. Metode penelitian dilihat dari jenisnya merupakan penelitian  kualitatif dengan cara survey dimana data yang diperoleh dilakukan identifikasi atas dimensi-dimensi yang cukup berpengaruh, kemudian fakta-fakta tersebut diberikan penafsiran yang meliputi analisa serta interprestasi data. Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan publik tentang pemberian bantuan kepada masyarakat di Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar kurang terlaksana dengan baik. Berdasarkan tanggapan responden terhadap keseluruhan indikator yang diteliti dalam penelitian ini yang memberikan tanggapan baik hanya sebesar 27,3%, kemudian responden yang memberikan tanggapan cukup baik sebesar 33,1% dan selanjutnya yang paling banyak adalah responden yang memberikan tanggapan kurang baik yaitu sebesar 39,4%. Faktor-faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik tentang pemberian bantuan kepada masyarakat di Bagian Administrasi  Kesejahteraan Rakyat  Sekretariat Daerah Kabupaten  Kampar ada 4 faktor antara lain: a) Aspek manajerial; b) Aspek sumber daya manusia; c) Aspek budaya birokrasi; dan d) Aspek politik lokal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Nurmandi, 2010. Manajemen Pelayanan Publik, Sinergi Visitama, Yogyakarta.
Ali Mufiz, 2004. Pengantar Ilmu Administrasi Negara, Universitas Terbuka, Jakarta.
Budi Winarno, 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik, Media Pressindo, Yogyakarta.
Dewanta, Setya, Awan, dkk, 2000, Asas-Asas Pemerintahan yang Baik: Antara Konsepsi dan Aktualisasi , Aditya Media, Yogyakarta.
Doni, D., Yogia, M. A., Zainal, Z., Riauan, M. A., Purwati, A. A., & Wedayanti, M. D. (2021). Management of Market Pelita Retribution In Bangko District In Increasing Original Revenue of Rokan Hilir Regency.
Doni, D., Yogia, M. A., Zainal, M. D. W., Ayu, A., & Purwati, M. L. H. (2021). Effect of Management of Market Levies Management on Trader Satisfaction.
Edi Suharto, 2005, Analisis Kebijakan Publik, Alfabeta, Bandung.
Fandy Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa, Andi, Yogyakarta.
Ginting, A. H., & Zainal, Z. (2020). Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Objek Wisata Alam Teluk Jering Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 10(1), 211-219.
Hidayah, S. M., & Riauan, M. A. I. (2021). Analisis Framing Kebijakan Pemerintah tetang Rencana Pembelajaran Tatap Muka di Media Online CNN Indonesia. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(2), 167-184.
Hessel Nogi, S. 2000. Analisis Pelayanan publik Publik Kontemporer. Lukman Offset.Yogyakarta.
Inu Kencana Syafi’i, 2005, Pengantar Ilmu Pemerintahan, Cet. III, Refika Aditama, Bandung.
M. Irfan Islamy, 2000, Prinsif-prinsif Prumusan Kebijakan Negara, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Mahfud, MD. 2000. Demokrasi dan Konstitusi di Indonesia: Studi Tentang Interaksi Politik dan Kehidupan Ketatanegaraan. Rineka Cipta. Jakarta.
Mardiasmo, 2002, Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Noorsyamsa. 2003, Menuju Format Baru Pelayanan Umum, LAN, Bandung.
Philipus M. Hadjon, 2002, Pengantar Hukum Administrasi Negara, Media Pressindo, Jakarta.
Philipus M., Hadjon, 2005, Pengantar Hukum Adminsitrasi Indonesia (Introduction to the Indonesian Adminstrative Law), Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Qurniawati, E. F., & Riauan, M. A. I. (2015). Analisis Framing Pencitraan Pariwisata Indonesia pada Majalah Penerbangan Linker. Editor, 12, 219.Rasyid, Ryaas, et al. 2007. Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Ratminto, dan Winarsih, Atik Septi, 2009, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Riant Nugroho, 2008, Public Policy, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Rauf, R., Zainal, Z., & Maulidiah, S. (2020). The Community Participation Dalam Menjaga Kawasan Hutan Di Provinsi Riau. Kemudi: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(01), 60-76.
Rauf, R., Zainal, Z., Prayuda, R., Rahman, K., & Yuza, A. F. (2020). Civil Society’s Participatory Models: a Policy of Preventing Land and Forest Fire in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 14(3), 1030-1046.
Riauan, M. A. I., Aziz, A., & Nurman, N. (2020). Analisis Framing" Aksi Bela Islam" sebagai Dakwah Islam di Riau Pos (A Framing Analysis of" Islam Defense Action" as Islamic Dakwah on Riau Pos Newspaper). Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 35-47.
Riauan, M. A. I., Qurniawati, E. F., Aslinda, C., & Aziz, A. (2020). Konstruksi Realitas Pada Pesan Politik Calon Walikota Pekanbaru di Riau Pos. ETTISAL: Journal of Communication, 5(1).
Riauan, M. A. I., Aziz, A., Fitri, A., Mulyani, O., & Zainal, Z. (2020). Stereotip Budaya Pada Himpunan Mahasiswa Daerah di Pekanbaru. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 5(1), 43-56.
Satria, A., Yogia, M. A., & Wedayanti, M. D. (2021, January). Strategy of Tourism and Culture Office in Development of Cultural Heritage at Kuantan Singingi Regency. In INCEESS 2020: Proceedings of the 1st International Conference on Economics Engineering and Social Science, InCEESS 2020, 17-18 July, Bekasi, Indonesia (p. 282). European Alliance for Innovation.
Soehino, 2006, Hukum Tata Negara Perkembangan Pengaturan Mengenai Pelaksanaan Desentralisasi dan Otonomi Daerah, BPEE, Yogyakarta.
Solichin Abdul Wahab 2004, Analisis Kebijakan Dari Formulasi ke Impelementasi Kebijakan Negara, (Ed. II Cet. IV), Bumi Aksara, Jakarta.
Syaukani, Affan Gaffar, Ryass Rasyid. 2002. Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan. Pustaka Pelajar.Yogyakarta.
Sukendro, G. G., Pandrianto, N., Oktavianti, R., & Sari, W. P. (Eds.). (2022). Komunikasi Anak Muda untuk Perubahan Sosial. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=EZZaEAAAQBAJ(Halim et al., n.d.)
Trijupitasari, R., & Riauan, M. A. I. (2017). Pola Komunikasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru Dalam Mensosialisasikan Bahaya HIV dan AIDS Kepada Penjaja Sex dan Gay. MEDIUM, 6(1), 78-86.
Taliziduhu Ndraha 2008, Keybernology : Kepamongprajaan, Sirao Credentia Center, Jakarta.
Vincent Gasvers,. 2001. Manajemen Kualitas : Penerapan Konsep-Konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total. Yayasan Indonesia Emas Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
William N. Dunn, 2000, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Edisi II, Cet III, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Yogia, T. S. M. A., Wedayanti, A. A. P. M. D., & Zainal, R. P. (2021). Ecological Citizenship Camat and Village Head in Maintaining Peace and Order at Pangkalan Kerinci Sub District Pelalawan Regency.
Zainal, Z. (2016). Dinamika Kebijakan Pemerintahan Desa Di Indonesia Dari Masa Ke Masa (Studi Tahun 1979-2015). Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 12(1), 19-36.
Zainal, M., Suwaro, U., Mariana, D., & Redjo, S. I. (2017, November). Governance of Forest and Peatland Fire Prevention in Riau Province. In International Conference on Democracy, Accountability and Governance (ICODAG 2017) (pp. 122-125). Atlantis Press.
Zainal, Z., Rambey, R. R., & Rahman, K. (2021). Governance of Household Waste Management in Pekanbaru City. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 37(2).

Downloads

Published

2022-04-20

Issue

Section

Articles