Implementasi Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 128 Tahun 2004 Tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesejatan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.25299/jkp.2015.vol1(2).9317Keywords:
Implementasi, Peraturan Pemerintah, Pengelolaan Barang Milik NegaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tersebut, yaitu berkaitan dengan pelaksanaan pelayanan di Puskesmas Kota Dumai. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data utama melalui penyebaran angket kepada masyarakat sebagai objek pelayanan, di samping melalui observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data pendukungnya. Adapun Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menjadi objek pelayanan dan petugas Puskesmas sebagai informan pendukung. Dengan menetapkan beberapa indikator dalam melihat pelaksana pelayanan di Puskesmas Kota Dumai, seperti indikator tampilan fisik, reabilitas, responsif, jaminan dan empati, penelitian ini mendapati bahwa implementasi dari keputusan menteri tersebut dalam hal pelayanan di Puskesmas Kota Dumai adalah sudah dapat dikatakan atau masuk ke dalam kategori cukup terlaksana. Hal ini didasari oleh fakta bahwa secara umum pasien di Puskesmas Kota Dumai sudah memberi penilaian terhadap pelayanan di Puskesmas tersebut adalah cukup terlaksana, berdasarkan atas hal-hal seperti pelayanan yang ramah, sopan, cepat tanggap, penuh perhatian, serta tidak membeda-bedakan status sosial.
Downloads
References
Barbara, Kozier. 2004. Fundamental of Nursing: Concepts, Process and Practice. 7th Edition. New Jersey.
Bungin, Burhan. 2007.Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Dahl, Robert A. 2001.Perihal Demokasi: Menjelajah Teori dan Praktek Demokrasi Secara Singkat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 1999.Indonesia Sehat 2010: Visi Baru, Misi, Kebijakan, dan Strategi Pembangunan Kesehatan. Jakarta
Doni, D., Yogia, M. A., Zainal, Z., Riauan, M. A., Purwati, A. A., & Wedayanti, M. D. (2021). Management of Market Pelita Retribution In Bangko District In Increasing Original Revenue of Rokan Hilir Regency.
Doni, D., Yogia, M. A., Zainal, M. D. W., Ayu, A., & Purwati, M. L. H. (2021). Effect of Management of Market Levies Management on Trader Satisfaction.
Elfian, dkk, Penerimaan Dokter Dan Perawat Sistem Pelayanan Gratis Di Puskesmas Kabupaten Kampar, Working Paper Series No. 10 Januari 2007, First Draft Program Magister Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan, Universitas Gadjah Mada, 2007. Yogyakarta 2007.
Ginting, A. H., & Zainal, Z. (2020). Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Objek Wisata Alam Teluk Jering Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 10(1), 211-219.
Halim, N. A., Rosidi, I., Haris, A., Yesicha, C., & Riauan, M. A. I. Media dan Politik.
Hidayah, S. M., & Riauan, M. A. I. (2021). Analisis Framing Kebijakan Pemerintah tetang Rencana Pembelajaran Tatap Muka di Media Online CNN Indonesia. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(2), 167-184.
I, Prestaka, N., Dilema Puskesmas; Tarif Versus Mutu, OPINI 07 Juli 2006, Health Economic dalam Hartati dan Tjahjono Kuntjoro, Mutu Pelayanan Puskesmas Dengan Pembebasan Tarif Retribusi di Kabupaten Simalungun Propinsi Sumatera Utara, Working Paper Series, No. 4 Oktober 2007, First Draft, Program Magister Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 2007
Kurniawan, Agung. 2005.Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembauran
Moleong, J Lexy. 2004.Metodologi Penelitan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ndraha, Taliziduhu.2003.Kybernologi (Ilmu Pemerintahan Baru 1). Jakarta:Rineka cipta
Ndraha, Taliziduhu. 2008.Kybernologi Sebuah Methamorphosis. Tangerang: Sirou Crednetia Center
Machfud Sidik, Format Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat Dan Daerah Yang Mengacu Pada Tujuan Nasional.Seminar Nasional“Public Sector Scorecard”Jakarta, 17-18 April 2002, hal. 1
Qurniawati, E. F., & Riauan, M. A. I. (2015). Analisis Framing Pencitraan Pariwisata Indonesia pada Majalah Penerbangan Linker. Editor, 12, 219.Rasyid, Ryaas, et al. 2007. Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan. Jakarta: Pustaka Pelajar
Rauf, R., Zainal, Z., & Maulidiah, S. (2020). The Community Participation Dalam Menjaga Kawasan Hutan Di Provinsi Riau. Kemudi: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(01), 60-76.
Rauf, R., Zainal, Z., Prayuda, R., Rahman, K., & Yuza, A. F. (2020). Civil Society’s Participatory Models: a Policy of Preventing Land and Forest Fire in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 14(3), 1030-1046.
Riauan, M. A. I., Aziz, A., & Nurman, N. (2020). Analisis Framing" Aksi Bela Islam" sebagai Dakwah Islam di Riau Pos (A Framing Analysis of" Islam Defense Action" as Islamic Dakwah on Riau Pos Newspaper). Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 35-47.
Riauan, M. A. I., Qurniawati, E. F., Aslinda, C., & Aziz, A. (2020). Konstruksi Realitas Pada Pesan Politik Calon Walikota Pekanbaru di Riau Pos. ETTISAL: Journal of Communication, 5(1).
Riauan, M. A. I., Aziz, A., Fitri, A., Mulyani, O., & Zainal, Z. (2020). Stereotip Budaya Pada Himpunan Mahasiswa Daerah di Pekanbaru. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 5(1), 43-56.
Sari, G. G., Wirman, W., & Riauan, M. A. (2018). Pergeseran Makna Tradisi Bakar Tongkang Bagi Generasi Muda Tionghua di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.
Satria, A., Yogia, M. A., & Wedayanti, M. D. (2021, January). Strategy of Tourism and Culture Office in Development of Cultural Heritage at Kuantan Singingi Regency. In INCEESS 2020: Proceedings of the 1st International Conference on Economics Engineering and Social Science, InCEESS 2020, 17-18 July, Bekasi, Indonesia (p. 282). European Alliance for Innovation.
Satya, Boby. 2005.Stratategi Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Prestasi Kerja dan Memenangkan Hati Publik.BiPro: Pekanbaru
Sinambela, Lijan Poltak, dkk. 2006. Reformasi pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara
Spears, Larry C & Michelle Lawrence. 2004. Practing servant, leadership. San Fransisco: Josey Bass
Syafie, Kencana Inu. 2004.Birokrasi Pemerintahan Indonesia. Bandung: Mandar Maju.
Sukendro, G. G., Pandrianto, N., Oktavianti, R., & Sari, W. P. (Eds.). (2022). Komunikasi Anak Muda untuk Perubahan Sosial. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=EZZaEAAAQBAJ(Halim et al., n.d.)
Trijupitasari, R., & Riauan, M. A. I. (2017). Pola Komunikasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru Dalam Mensosialisasikan Bahaya HIV dan AIDS Kepada Penjaja Sex dan Gay. MEDIUM, 6(1), 78-86.
Widjaya, H.A.W. 2002.Otonomi Daerah dan Daerah Otonom. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Y Warella, 2004, Administrasi Publik dan Kualitas Pelayanan Publik, Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik, MAP UNDIP, Semarang, hal. 18
Yogia, T. S. M. A., Wedayanti, A. A. P. M. D., & Zainal, R. P. (2021). Ecological Citizenship Camat and Village Head in Maintaining Peace and Order at Pangkalan Kerinci Sub District Pelalawan Regency.
Zainal, Z. (2016). Dinamika Kebijakan Pemerintahan Desa Di Indonesia Dari Masa Ke Masa (Studi Tahun 1979-2015). Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 12(1), 19-36.
Zainal, M., Suwaro, U., Mariana, D., & Redjo, S. I. (2017, November). Governance of Forest and Peatland Fire Prevention in Riau Province. In International Conference on Democracy, Accountability and Governance (ICODAG 2017) (pp. 122-125). Atlantis Press.
Zainal, Z., Rambey, R. R., & Rahman, K. (2021). Governance of Household Waste Management in Pekanbaru City. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 37(2).