Implementasi Fungsi Pengawasan Oleh Dinas Tata Kota, Kebersihan Dan Pertamanan Kota Dumai Dalam Peraturan Dan Pertamanan Kota Dumai Dalam Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2003 Tentang Izin Bangunan Di Kota Dumai (Studi Di Kecamatan Dumai Timur)

Authors

  • Zulfikar Universitas Islam Riau
  • Ellydar Chaidir Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jkp.2015.vol1(2).9270

Keywords:

Implementasi, Peraturan Pemerintah dan Pengelolaan Barang Milik Negara

Abstract

Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 6 tahun 2006 menuntut adanya pertanggungjawaban, akuntabilitas, serta transparansi dalam pengelolaan barang milik Negara/daerah. Inti perubahan yang akan dilakukan antara lain meningkatkan esensi pengelolaan barang milik Negara pada Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak yang meliputi mekanisme penggunaan, Sistem pelaporan, pengamanan dan pemeliharaan dan pengawasan serta pengendalian barang. Pasal 3 ayat (1) Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2006, mengamanatkan bahwa pengelolaan barang milik Negara/daerah dilaksanakan berdasarkan asas fungsional, kepastian hukum, transparansi dan keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas, dan kepastian nilai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana implementasi dari Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah pada Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak dan apa saja yang menjadi hambatan dalam pengimplementasian Peraturan tersebut pada Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak. Hasil penelitian ini diketahui bahwa implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik/Negara pada Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak kurang terimplementasi dengan baik, hambatan ini disebabkan  kurangnya sosialisasi tentang Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik/Negara, dan ketersediaan sumberdaya aparatur pelaksana baik dari segi kuantitas maupun kualitas dalam pelaksanaan pengelolaan barang milik Negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.G Subarsono, Analisis Kebijakan Publik , Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Edi Soeharto, Pembangunan Kebijakan Sosial dan Pekerjaan Sosial, Bandung, Spektrum Pemikiran, 1997.
di Keamatan, M. P. N. S., & Hulu, S. Evaluasi Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2007 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Sekretaris Desa.
Fadillah, Putra Paradigma Kritis Dalam Studi Kebijakan Publik, Yogyakarta Pustaka Pelajar, 2001.
Gaspersz Vicent, Manajemen Koalitas Dalam Industri Jasa, Gramedia Pustaka, Jakarta, 2002.
Ginting, A. H., & Zainal, Z. (2020). Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Objek Wisata Alam Teluk Jering Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 10(1), 211-219.
Hoogwood, dan Gunn, Policy Analysis for the Real World, (London: Oxford University Press, 1984) dalam C. Harn and M. Hill, The Policy Process in Modern Capitalist State (Second Edition), New York, Harvester Wheatsheaf, 1993.
Maleong, Lexy J. . Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Miles, M. B. dan Huberman, M. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: UI Press.
Muhaddam Labolo, Memahami Ilmu Pemerintahan, Jakarta: Raja Grafindo, 2007).
Ndaraha, Taliziduhu, kybernologi (Ilmu Pemerintahan Baru), Jakarta 1999
Nugroho, Riant Public Policy, Jakarta, Elex Media Komputindo, 2008.
Rauf, R., Zainal, Z., & Maulidiah, S. (2020). The Community Participation Dalam Menjaga Kawasan Hutan Di Provinsi Riau. KEMUDI: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(01), 60-76.
T. Hani Handoko, Manajemen, BPFE – Yogyakarta 2011.
Wasistiono, Sadu . Manajemen Pelayanan Publik, Gramedia Pustaka, Jakarta 2005.
Zainal, F. N. P. (2021, December). Government Management in Village-Owned Enterprises in Increasing Village Original Income In Kampar District. In ICLSSE 2021: Proceedings of the 3rd International Conference on Law, Social Sciences, and Education, ICLSSE (Vol. 9, p. 169).

Downloads

Published

2022-04-09

Issue

Section

Articles