Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pramusapa Layanan Transjakarta
DOI:
https://doi.org/10.25299/jiap.2024.18856Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi pelayanan publik terhadap kinerja pramusapa layanan Transjakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 1.039 pramusapa, dengan jumlah sampel sebanyak 105 pramusapa Transjakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pramusapa layanan Transjakarta. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung 10,107 > ttabel 1,986, nilai regresi linear sederhana sebesar 0,735 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,498. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara motivasi pelayanan publik terhdap kinerja pramusapa layanan Transjakarta. Setiap penambahan nilai motivasi pelayanan publik, maka nilai kinerja pramusapa bertambah sebesar 7,35%. Motivasi pelayanan publik memiliki hubungan yang kuat terhapat kinerja pramusapa Transjakarta. Besarnya pengaruh motivasi pelayanan publik terhadap kinerja pramusapa Transjakarta sebesar 49,8% dari total keseluruhan 100%. Sehingga ketika kinerja pramusapa meningkat maka kepuasan pelanggan juga akan meningkat.