Forthcoming

  • Cover Image
    Sistem Informasi Kepegawaian Rumah Sakit Universitas Riau Berdasarkan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) (2020-04-27)
    Salhazan Nasution Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Riau Mega Bintang Purnama Sari Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Riau

    Rumah Sakit Universitas Riau merupakan salah satu dari 21 universitas negeri yang diamanahkan untuk mendirikan rumah sakit pendidikan yang kepemilikkannya di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Bagian SDM merupakan salah satu bagian rumah sakit yang bertugas menangani administrasi pegawai. Berdasarkan hasil wawancara, bagian SDM masih melakukan pengolahan data secara manual dan kurang efisien. Kemudian tidak ada pengingat habisnya masa berlaku Surat Izin Praktek (SIP) dan Surat Tanda Registrasi (STR) bagi pegawai klinis, dimana itu akan menyusahkan karena pegawai klinis yang masa berlaku SIP dan STR-nya habis tidak diperbolehkan untuk praktek dan untuk pengurusannya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan. Solusi dari masalah tersebut adalah membangun sistem informasi kepegawaian berbasis web dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem yang dibangun mengacu pada Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS). Sistem dapat melakukan pengolahan, pencarian, penyimpanan data dan file pegawai serta pembuatan surat peringatan. Sistem juga dilengkapi dengan fitur pemberitahuan 1 tahun sebelum SIP dan STR habis masa berlaku. Pengujian sistem telah dilakukan oleh 10 orang pegawai di Rumah Sakit Universitas Riau. Dari hasil kuisioner pengujian didapatkan hasil akhir 82,66% dengan kategori “sangat memuaskan”.