AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS <p><strong>AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika</strong>&nbsp;</p> <p>Jurnal Aksiomatik merupakan jurnal yang berisikan tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran matematika. Jurnal ini juga memfasilitasi karya mahasiswa dari Pendidikan Matematika Universitas Islam Riau.&nbsp;Terbit&nbsp; tiga kali setahun pada bulan Januari, Mei dan September.</p> <p><strong>e- ISSN: 2621-1270 dan&nbsp;p-ISSN:&nbsp;2338-5340&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> en-US aksiomatik@journal.uir.ac.id (Indah Widiati) sariherlina99@edu.uir.ac.id (Sari Herlina) Thu, 04 Mar 2021 10:30:02 +0700 OJS 3.3.0.15 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Alat Musik Melayu Khas Bengkalis Riau https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3233 <p>Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis alat musik melayu khas Bengkalis Riau dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) yang teruji kevalidan dan kepraktisannya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Bentuk penelitian ini adalah <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan langkah-langkah yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini 28 orang peserta didik SMP Negeri 1 Bengkalis. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi RPP, lembar validasi LKPD, angket respon peserta didik, angket respon guru dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah teknik validasi, teknik observasi dan teknik angket. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil validasi RPP sebesar 79,78% dengan kriteria kevalidan cukup valid, dan hasil validasi LKPD sebesar 77,84% dengan kriteria cukup valid. Selanjutnya hasil kepraktisan yang diperoleh dari angket respon peserta didik sebesar 96,21% dengan kategori sangat praktis, hasil kepraktisan dari angket respon guru sebesar 87,50% dengan kategori sangat praktis, dan hasil kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran sebesar&nbsp; 90,91% dengan kategori kevalidan sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis budaya melayu Riau dengan pendekatan matematika realistik di SMP Negeri 1 Bengkalis teruji kevalidan dan kepraktisannya.</p> Sri Yulianty Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3233 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3216 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Anchored Instruction (AI) </em>terhadap hasil belajar matematika siswa. &nbsp;Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (<em>Quasi Eksperimen)</em> dengan <em>non equivalent control group design</em> dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling. </em>Populasi dalam penelitian ini adalah SMP yang terdiri dari 3 kelas kelas Al jazali, Al Birunni dan Al Battani, adapun sampel penelitian yaitu kelas VII Al Jazali yang merupakan kelas eksperimen dengan diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran <em>Anchored Instruction (AI) </em>dan kelas VII Al Biruni sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskripstif dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis statistik deskripstif&nbsp; matematika siswa mengalami peningkatan pada kelas eksperimen. Analisis statistik insferensial yang digunakan adalah uji normalitas diproleh data normalitas, kemudian dilanjutkan dengan uji homogenitas diperoleh bahwa terdapat rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terlihat dan terakhir dilakukan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh model pembelajaran <em>Anchored Instruction </em>terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran <em>Anchored Instruction </em>&nbsp;dibanding kelas kontrol denganmenggunakan pembelajaran konvensional.</p> Adek Sri Rahma Yani Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3216 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Missouri Mathematics Project (MMP) https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3231 <p>Dalam proses pembelajaran matematika, pemahaman matematis merupakan bagian yang sangat penting, maka pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Missouri Mathematics Project</em> (MMP) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMK. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (<em>Quasi Experiment</em>). Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah <em>nonequivalent control group design</em> dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswa kelas X SMK Negeri 1 Kepenuhan tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini yaitu kelas X TKRO dengan jumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran <em>Missouri Mathematics Project</em> (MMP) dan kelas X TBSM dengan jumlah 25 siswa &nbsp;sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.&nbsp; Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Data hasil kemampuan pemahaman matematis siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes berbentuk <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis data sanalisis statistik inferensial, yaitu dengan uji-t. Dari data uji-t diperoleh &nbsp;(). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran <em>Missouri Mathematics Project</em> (MMP) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas SMK.</p> Anita Rahman Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3231 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Strategi Group Resume dalam Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas VII-3 SMP N 6 Siak Hulu https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3214 <p>Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-3 SMP N 6 Siak Hulu melalui penerapan strategi group resume dalam pembelajaran kooperatif. Subjek penelitian siswa kelas VII-3 SMP N 6 Siak hulu yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan dan lembar tes hasil belajar yang telah dianalisis. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis data deskriptif dengan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan lembar pengamatan pada setiap pertemuan menunjukan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran mulai dari pertemuan pertama pada siklus I sampai ke pertemuan terakhir pada siklus II. Berdasarkan hasil belajar peningkatan belajar dapat terlihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM pada skor dasar yaitu 7 siswa atau 23,33%, ulangan harian-1 yaitu 6 siswa atau 20%, dan pada ulangan harian-2 yaitu 9 siswa atau 30%. Berdasarkan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada skor dasar yaitu 42,30, pada ulangan harian-1 yaitu 44,87, dan pada ulangan harian-2 yaitu 50,87. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi <em>group resume</em> dalam pembelajaran kooperatif dapat memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-3 SMP N 6 Siak Hulu.</p> <p>&nbsp;</p> Chairani Dwi Guspika Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3214 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Proffesional CS6 pada Materi Trigonometri Kelas X https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3217 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis pada materi trigonometri. Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan R &amp; D, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen validasi berupa lembar validasi, serta instrumen kepraktisan berupa lembar respon guru dan lembar respon siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data validasi dan data kepraktisan media pembelajaran. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru dengan 23 peserta didik. Hasil analisis validasi penelitian oleh 3 validator diperoleh rata-rata validasi media pembelajaran sebesar 90,48% yang termasuk kategori sangat valid dan hasil &nbsp;analisis rata-rata kepraktisan sebesar 84,1% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa &nbsp;telah dihasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan <em>Adobe Flash Proffesional CS6 </em>yang teruji valid dan praktis.</p> Effi Juliana Br. Tambun Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3217 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pekanbaru https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3229 <p>Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Missouri Mathematics Project</em> (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (<em>Quasi Eksperimental Design</em>) dengan desain penelitian <em>The Nonequivalent Control Group Design</em> menggunakan teknik <em>Purposive Sampling</em>. Penelitian dilakukan mulai tanggal 9 April 2019 sampai 30 April 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA<sub>5</sub> sebagai kelas eksperimen dan X MIPA<sub>6</sub> sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran, serta perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata data <em>pretest</em> kelas eksperimen (X MIPA<sub>5</sub>) = 31,57 dan kelas kontrol (X MIPA<sub>6</sub>) = 28,86, sedangkan data <em>posttest </em>kelas eksperimen (X MIPA<sub>5</sub>) = 75,71 dan kelas kontrol (X MIPA<sub>6</sub>) = 66,94. Terdapat peningkatan skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 44,14 poin berada pada kategori baik, begitu juga peningkatan skor rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 32,08 poin berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran <em>Missouri Mathematics Project </em>(MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pekanbaru.</p> FARAHDIBA DIAZ Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3229 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Pengaruh Strategi The Power of Two terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3235 <p>Salah satu hal yang harus diperhatikan pada pembelajaran matematika dari semua jenjang pendidikan adalah peningkatan hasil belajar siswa&nbsp; di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi <em>The Power of Two </em>terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen semu (<em>quasi experiment</em>) dan desain penelitian yang digunakan&nbsp; adalah <em>Nonequivalent Control Group Design. </em>Populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru yang terdiri dari 5 kelas dan sampel penelitian yaitu kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dianalisis menggunakan analisis inferensial, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil analisis data <em>post-test </em>menunjukkan kedua kelas berdistribusi tidak normal sehingga dilanjutkan dengan uji <em>Mann-Whitney U (U-Test)</em> sehingga diperoleh hasil –Z<sub>tabel</sub> &nbsp;Z<sub>hitung</sub> &nbsp;Z<sub>tabel</sub> (Z<sub>tabel</sub> = 1,96, Z<sub>hitung</sub> = -1,75). Hal ini berarti H<sub>o</sub> diterima dan H<sub>1</sub> ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan dari strategi <em>The Power of Two </em>terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru.</p> hartika nirwana Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3235 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3222 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif dengan metode <em>question student have</em> terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTS Negeri 2 Rokan Hulu pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS Negeri 2 Rokan Hulu, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII<sub>4</sub> dan VII<sub>5&nbsp; </sub>yang berjumlah 66 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain <em>nonequivalent control grup design</em>. Teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini adalah <em>purposive sampling</em>. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan lembar observasi.</p> <p>Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif dengan metode <em>question student have</em> dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini berdasarkan analisis uji <em>Mann-Whitney</em> data <em>N-gain</em> hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan uji <em>Mann-Whitney</em> diperoleh signifikansi hasil belajar data <em>N-gain</em> adalah &nbsp;dan , sehingga &nbsp;maka H<sub>0 </sub>ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran kooperatif dengan metode <em>question student have</em> terhadap hasil belajar siswa.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Julia Sari Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3222 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3221 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 306 siswa yang tersebar ke dalam 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 63 siswa, untuk kelas eksperimen ada 31 siswa dan untuk kelas kontrol ada 32 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan uji regresi diperoleh bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII.</p> Juriah Nasution Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3221 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Moivasi Belajar Matematika Siswa di SMA https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3230 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model <em>Discovery Learning</em> terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMA pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dimulai dari tanggal 20 Februari 2019 sampai dengan tanggal 18 April 2019. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu (<em>Quasi Eksperiment</em>) dengan desain <em>Nonequivalent Control Group Design</em>. Pengambilan sampel menggunakan <em>Purposive Sampling</em>. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket, wawancara, dan observasi.</p> <p>Data motivasi belajar matematika siswa dianalasis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial dalam penelitian ini yaitu uji-t dan regresi liner sederhana. Berdasarkan Uji-&nbsp;yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa dengan&nbsp; model <em>Discovery Learning</em> lebih baik dari pada motivasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana, dapat disimpulkan bahwa model <em>Discovery Learning</em> berpengaruh sebesar (45,6%) terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMA yang peneliti teliti. Dari kesimpulan ini terlihat bahwa model <em>Discovery Learning</em> dikatakan cukup berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci :</em></strong><em>Eksperimen,</em><em> Discovery Learning,</em> <em>Motivasi Belajar Matematika Siswa.</em></p> Marlis Yolanda Sari Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3230 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Siak Hulu Tahun Ajaran 2018/2019 https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3218 <p>Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe TSTS (<em>Two Stay Two Stray</em>). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Siak Hulu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar yang diperoleh dari UH 1 dan UH 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas pada skor dasar yaitu 26 orang dari 33 orang siswa atau 78,78%, kemudian meningkat pada ulangan harian 1 menjadi 27 orang dari 33 orang siswa atau 81,81%. Kemudian meningkat lagi pada ulangan harian 2 menjadi 31 orang dari 33 orang siswa atau 93,93%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TSTS (<em>Two Stay Two Stray</em>) dapat memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Siak Hulu semester genap tahun ajaran 2018/2019.</p> Maya Firda Yanti Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3218 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe NHT Siswa Kelas VII https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3213 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan hasil belajar matematika antara kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Student Team Achievement Division</em> (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Numbered Heads Together</em> (NHT) pada siswa kelas VII SMP Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada bulan Maret 2019 sampai April 2019. Penelelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah <em>pretest </em>dan <em>posttest</em>. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII sebanyak 192. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII.1 sebanyak 30 sebagai eksperimen STAD, dan kelas VII.4 sebanyak 32 sebagai kelas eksperimen NHT. Teknik pengambilan sampel dengan <em>purposive sampling</em>. Data tes hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji- . Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diketahui bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT lebih tinggi daripada STAD. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan&nbsp; model pembelajaran kooperatif tipe STAD (<em>Student Team Achievement Division</em>) dan diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (<em>Numbered Heads Together</em>).</p> Monda Rahma Lika Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3213 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Probing Prompting https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3240 <p>Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan menerapkan model pembelajaran <em>probing prompting</em>, bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Subjek dalam penelitian siswa kelas VIII.B SMPN 1 Bantan yang berjumlah 23 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan dan lembar tes hasil belajar yang telah dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis data deskriptif berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan lembar pengamatan setiap pertemuan mulai dari pertemuan pertama pada siklus I sampai ke pertemuan terakhir siklus II menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil belajar peningkatan belajar dapat terlihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM pada skor dasar yaitu 8 siswa, ulangan harian I yaitu 11 siswa atau dan pada ulangan harian II yaitu 13 siswa. Berdasarkan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada skor dasar yaitu 34,78%, pada ulangan harian&nbsp; I yaitu 45,83%, dan pada ulangan harian II yaitu 54,16%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran <em>probing prompting</em> dapat memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.B SMPN 1 Bantan.</p> putri nurkhilal Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3240 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Siswa SMK https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3228 <p>Pembelajaran matematika yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa menjadi suatu tantangan bagi seorang guru untuk mengubah kepembelajaran yang menarik dan dapat disenangi oleh siswa, sehingga siswa menyenangi dan dapat menyerap konsep matematika dengan mudah. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Student Facilitator and Explaining </em>yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe <em>Student Facilitator and Explaining</em> terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMKS YPPI Tualang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI TOI 1 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah <em>quasi eksperimen </em>dengan <em>non equivalent control group design </em>yang menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretes dan postes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata nilai pretes siswa dikelas eksperimen adalah 16,88 sedangkan rata-rata nilai postes siswa dikelas kontrol adalah 5,96. Pada nilai postes, kelas eksperimen memperoleh rata-rata 61,55 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 46,72.&nbsp; Dalam penelitian ini, data kedua pretes kedua kelas menunjukkan terdapat perbedaan oleh sebab itu menggunakan uji perbedaan dua rata-rata N-gain. Dari data N-gain kedua kelas diperoleh bahwa &nbsp;(&nbsp;Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran <em>Student Facilitator and Explaining</em> terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMKS YPPI Tualang.</p> Rezi Trimardi Yarsi Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3228 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educatin (RME) Kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3238 <p><em></em></p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan <em>Realistic Mathematics Education</em><strong> (</strong><em>RME</em>) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat. Penelitian ini merupakan penelitian <em>Quasi Eksperimen </em>dan desain yang digunakan adalah <em>Nonequivalent </em><em>Control Group Design. </em>Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat tahun pelajaran 2018/2019 yang terbagi dalam 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII<sub>a </sub>berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan <em>Realistic Mathematics Education</em><strong> (</strong><em>RME</em>) dan kelas VIII<sub>d</sub> berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik pengamatan<em>. </em>Tes hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini terbukti dari hasil analisis data postes yang menunjukkan kedua kelas berdistribusi normal dan homogen sehingga diperoleh perhitungan&nbsp; sehingga &nbsp;sesuai dengan kriteria maka H<sub>0 </sub>ditolak dan H<sub>1 </sub>diterima. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan <em>Realistic Mathematics Education</em><strong> (</strong><em>RME</em>) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat.</p> <p></p> Rina Aprilia Ariesta Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3238 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas VIII SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3226 <p><em></em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model <em>Problem Based Intruction </em>(PBI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru pada materi system persamaan linear dua variable. Penelitian ini di mulai tanggal 18 April 2019. Bentuk penelitian adalah <em>Quasi Eksperimen </em>(eksperimen semu). Desain penelitian <em>Matching Pretest-Posttest Control Group Design</em>. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru. Sampel dipilih dengan <em>Random Sampling</em>. Kelas VIII.2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII.1 Sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah teknik tes. Tes digunakan untuk melihat pemahaman konsep matematika siswa yang akan dianalisis dengan statistic deskriptif.&nbsp; Data <em>post-test </em>&nbsp;kelas eksperimen di peroleh t<sub>hitung </sub>&nbsp;= 1,86t<sub>tabel= </sub>1,66691 berarti H<sub>0 </sub>ditolak dan H<sub>a </sub>diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model <em>Problem Based Intruction </em>(PBI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru.</p> Hendro Rubito Copyright (c) 2020 AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3226 Thu, 04 Mar 2021 00:00:00 +0700