Contextual Teaching and Learning pada Materi Bilangan Bulat

Sebuah Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Authors

  • Mega Silvia Program Studi Pendidikan Matematika
  • Leo Adhar Effendi
  • Astri Wahyuni

Keywords:

Pengembangan Perangkat, Contextual Teaching and Learning (CTL)

Abstract

Pada dasarnya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik bergantung pada dua unsur yang saling berpengaruhi, yakni bakat yang dimiliki oleh peserta didik sejak lahir, dan lingkungan yang mempengaruhi hingga bakat itu tumbuh dan berkembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid dan praktis pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP sebanyak 36 siswa. Model pengembangan yang digunakan berupa model 4-D dengan menggunakan 3 tahap, yaitu: (a) pendefenisian dengan menganalisis kurikulum, menganalisis karakter siswa, dan menganalisis konsep materi; (b) perencanaan dengan merancang RPP dan LKPD sesuai dengan KI, KD, indikator, serta tujuan belajar yang ingin dicapai; (c) pengembangan yang divalidasi oleh validator, menganalisis data validasi hasil penilaian validator untuk melihat kevalidan produk. Hasil penelitian memperlihatkan nilai kevalidan pada RPP dengan kategori sangat valid, dan nilai kevalidan LKPD dengan kategori cukup valid. Pada saat uji coba peneliti memberikan angket respon guru dan angket respon siswa. Kemudian kepraktisan dilihat dari angket respon guru dengan kategori sangat praktis, dan angket respon siswa dengan kategori sangat praktis. Sehingga dihasil penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL pada materi bilangan bulat, dihasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD yang teruji kevalidan dan kepraktisannya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-02

Issue

Section

Articles