Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Siswa Kelas X SMK PGRI Pekanbaru

Authors

  • Lola Triyulianti Sari Universitas Islam Riau
  • Alzaber Alzaber Universitas Islam Riau
  • Astri Wahyuni Universitas Islam Riau

Keywords:

Numbered Heads Together, Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division siswa kelas X SMK PGRI Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMK PGRI Pekanbaru dan sampel penelitiannya adalah XTKJ sebagai kelas eksperimen dan kelas XRPL sebagai kelas kontrol yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan secara tes. Analisis yang digunakan adalah analisis data inferensial dengan menggunakan uji homogenitas varians dan uji hipotesis menggunakan uji-t. hasil dari uji-t dengan taraf nyata = 0,05 sehingga diperoleh thitung = 2,77 dan ttabel = 1,68 artinya thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen yang merupakan model pembelajaran Kooperatif tipe numbered heads together dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe student team achievement division.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-22

Issue

Section

Articles