Penerapan Teknik Icebreaker dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD An-Namiroh Pusat Pekanbaru

Authors

  • Khairun Nisa' Universitas Islam Riau
  • Alzaber Alzaber Universitas Islam Riau
  • Sindi Amelia Universitas Islam Riau

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Icebreaker, Teams Games Tournament, Motivasi Belajar Matematika

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran serta meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD An-Namiroh Pusat Pekanbaru dengan menerapkan teknik icebreaker dalam model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi pokok pecahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD An-Namiroh Pusat Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 19 orang siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan ulangan harian. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dan lembar angket motivasi belajar matematika siswa. Tindakan pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan angket motivasi belajar disebar sebanyak tiga kali yakni sebelum tindakan, setelah siklus I, dan setelah siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket motivasi secara keseluruhan didapat motivasi siswa sebelum tindakan adalah 51,09% sedangkan setelah motivasi setelah siklus I adalah 71,81%  dan setelah siklus II adalah 81,26%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik icebreaker dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat memperbaiki proses dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VC SD An-Namiroh Pusat Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-21

Issue

Section

Articles