Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru
Keywords:
Pengembangan perangkat pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), RPP, LASAbstract
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
di Kelas X SMK Yabri Terpadu Perkanbaru
Erna Anggreini
NPM: 126410529
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Islam Riau
Pembimbing Utama: Dr. Zulkarnain, M.Pd
Pembimbing Pendamping: Rezi Ariawan, S.Pd, M.Pd
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian menggunakan modifikasi 4D sehingga menjadi beberapa tahap yaitu: (1) Tahap pendefinisian (Define), (2) Tahap Perencanaan (design), (3) Tahap Pengembangan (develop). Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LAS, angket respon guru, angket respon siswa, dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang mendeskripsikan validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti. Praktikalitas perangkat pembelajaran yang diisi oleh guru pada angket respon guru, dan siswa pada angket respon siswa untuk melihat kepraktisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) serta angket keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 79,17% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan hasil validasi LAS sebesar 77,45% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Tinjauan kepraktisan RPP sebesar 85,71% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon guru Sedangkan hasil kepraktisan LAS sebesar 85,12% diperoleh dari angket respon siswa dengan kriteria sangat praktis, serta rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87,50% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMK yang teruji kevalidan dan kepraktisannya.
Kata Kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), RPP, dan LAS.