Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru

Authors

  • Erna Anggreini Universitas Islam Riau
  • Zulkarnain Zulkarnain Universitas Riau
  • Rezi Ariawan Universitas Islam Riau

Keywords:

Pengembangan perangkat pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), RPP, LAS

Abstract

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

di Kelas X SMK Yabri Terpadu Perkanbaru

 

 

Erna Anggreini

NPM: 126410529

 

 

Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Islam Riau

Pembimbing Utama: Dr. Zulkarnain, M.Pd

Pembimbing Pendamping: Rezi Ariawan, S.Pd, M.Pd

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian menggunakan modifikasi 4D sehingga menjadi beberapa tahap yaitu: (1) Tahap pendefinisian (Define), (2) Tahap Perencanaan (design), (3) Tahap Pengembangan (develop). Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LAS, angket respon guru, angket respon siswa, dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang mendeskripsikan validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti. Praktikalitas perangkat pembelajaran yang diisi oleh guru pada angket respon guru, dan siswa pada angket respon siswa untuk melihat kepraktisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) serta angket keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 79,17% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan hasil validasi LAS sebesar 77,45% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Tinjauan kepraktisan RPP sebesar 85,71% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon guru Sedangkan hasil kepraktisan LAS sebesar 85,12% diperoleh dari angket respon siswa dengan kriteria sangat praktis, serta rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87,50% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMK yang teruji kevalidan dan kepraktisannya.

 

 

Kata Kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), RPP, dan LAS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-29

Issue

Section

Articles