The Effect of Problem Posing Approach on Mathematical Critical Thinking Skill of Tenth Grade of SMK TARUNA PEKANBARU
The Effect of Problem Posing Approach on Mathematical Critical Thinking Skill of Tenth Grade of SMK TARUNA PEKANBARU
Keywords:
Problem Posing, Kemampuan Berpikir kritis MatematisAbstract
Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Krtis Matematis Siswa Kelas X SMK Taruna Pekanbaru
ZAKIAH ANSARI NST
NPM: 146410099
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau.
Pembimbing Utama: Rezi Ariawan, M.Pd.
Pembimbing Pendamping: Endang Istikomah, S.Pd, M.Ed
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMK Taruna Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian dilakukan mulai tanggal 14 Mei 2018 sampai dengan 02 Juni 2018. Pada penelitian ini digunakan dua kelas, yaitu kelas X TSP2 sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan Problem Posing dan kelas X TSP1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa soal pretest, posttest dan lembar keterlaksanaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh keterlaksanaan 87,33% dengan kriteria sangat kuat. Penilaian keterampilan mencapai rata-rata 4,16 kelas eksperimen dan rata-rata 3,73 untuk kelas kontrol, dengan demikian keterampilan setiap kelas juga mempunyai peningkatan. Untuk uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu . Maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMK Taruna Pekanbaru.