PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN DEVIDEN PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ-45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Halimatussakdiah Halimatussakdiah Universitas Islam Riau

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh bukti empiris tentang pengaruh informasi akuntansi berupa rasio profitabilitas yang diwakili oleh retrun on asset dan net profit margin sedangkan rasio likuiditas diwakili oleh current rasio dan deviden per share terhadap harga saham pada perusahaan LQ- 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2010. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Indonesia dengan populasi adalah kelompok perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejumlah 45 perusahaan. metode penelitian sampel adalah Pusposive Sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 25 perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2007-2010. Selain itu pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 17, disamping itu juga melakukan pengujian normalitas dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam model penelitian yaitu variabel profitabilitas yang diwakili oleh retrun on asset, variabel likuiditas yang diwakili oleh current rasio dan deviden per share yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham. sedangkan variabel profitabilitas yang diwakili oleh net profit margin tidak berpengaruh terhadap nilai harga saham.

Published
2018-04-11
How to Cite
HALIMATUSSAKDIAH, Halimatussakdiah. PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN DEVIDEN PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ-45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. VALUTA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 17-39, apr. 2018. ISSN 2622-6081. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/2531>. Date accessed: 18 jan. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.