ANALISIS ATRIBUT PRODUK NATA DE COCO PADA HOME INDUSTRI SALJU COCO MANDIRI DI KECAMATAN TEMBILAHAN KOTA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

  • Delin Fitriani Universitas Islam Riau
  • La Ode Syarfan Universitas Islam Riau

Abstract

Pada dasarnya keputusan konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi suatu produk tertentu sangat di pengaruhi oleh atribut yang melekat pada produk tersebut, karna tidak mungkin seorang konsumen membeli suatu produk tanpa mengetahui atribut atau keunggulan produk tersebut. Atribut produk yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan sangat penting artinya karna berguna untuk menaruh minat akan selera. Di samping itu perlu dilakukan beberapa inovasi-inovasi terhadap atribut produk yang dihasilkan seperti: peningkatan kualitas suatu produkĀ  contohnya kemasan produk,variasi rasa,merek dan jaminan dari suatu produk. Hal ini penting dilakukan untuk memperluas pangsa pasar dan agar perusahaan bisa tetap mempertahankan konsumennya.. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk melihat hubungan antara atribut produk dan keputusan pembelian,Hipotesis dalam penelitian ini adalahdiduga bahwa dengan adanya Analisis Atribut Produk yang dilakukan secara konseptual oleh Industri dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk,untuk mengetahui Analisis Atribut Produk Yang Digunakan Nata De Coco Pada Home IndustriSalju Coco Mandiri Di Kecamatan Tembilahan Kota Kabupaten Indragiri Hilir.Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif,untuk melihat antara atribut produk dan keputusan pembelian,sample penelitian adalah 15 orang karyawan home insudtri dan 1 orang pimpinan serta 50 orang konsumen.Jenis dan teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari, data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan teknik daftar kuesioner dan wawancara serta data skunder yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi. Sementara teknik analisis data yang dipergunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif.Berdasarkan teknik analisis ini peneliti menilai dan menyimpulkan bahwa Analisis Atribut Produk yang dilakukan secara konseptual oleh Industri berada pada interval penilaian penilaian Baik dan Cukup Baik.Rekomendasi yang perlu dipertimbangkan adalah perusahaan harus lebih meningkatkan kualitas produk nata de coco terutama pada atribut produk yang meliputi barang,kemasan,merek,label,jaminan serta pelayanan agar konsumen dapat mengambil keputusan pembelian yang tepat dengan memilih produk salju nata de coco tersebut.

Published
2017-04-01
How to Cite
FITRIANI, Delin; SYARFAN, La Ode. ANALISIS ATRIBUT PRODUK NATA DE COCO PADA HOME INDUSTRI SALJU COCO MANDIRI DI KECAMATAN TEMBILAHAN KOTA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. VALUTA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 79-127, apr. 2017. ISSN 2502-1419. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/1291>. Date accessed: 27 may 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.