PENDIDIKAN PARALEGAL KEPADA MASYARAKAT SEBAGAI BENTUK PERLINDUNGAN ANAK YANG BERKELANJUTAN

  • larensius Arliman S STIH Padang

Abstract

Anak adalah generasi penerus bangsa, hal ini tentu tidak bisa dipungkiri. Di Negara manapun, hak anak selalu dilindungi dan selalu dijaga dengan baik. Indonesia sebagai sebuah Negara hukum, juga mengakui perlindungan anak yang harus benar-benar dilaksanakan. Pada hari ini perlindungan anak itu sepertinya diabaikan atau bahkan dilupakan, karena masih banyak kita saksikan anak-anak berhadapan dengan hukum, anak menjadi korban kejahatan dan eksploitasi, dan masih banyak anak yang ditelantarkan dan tidak mendapat perhatian dengan serius. Atas dasar itu hadirlah paralegal, sebagai bentuk awal kepada perlindungan anak. Tulisan ini akan berkenalan dengan paralegal, apa itu paralegal? Serta perkembangannya di Indonesia. Tulisan ini juga membahas manfaat pendidikan paralegal bagi masyarakat, terutama di dalam perlindungan anak. Di akhir tulisan ini menekankan pentingya perlindungan anak yang berkelanjutan di Indonesia, sebagai dasar mewudukan Indonesia yang lebih baik lagi. Kesimpulan dari tulisan ini adalah mengenalkan paralegal sebagai bentuk awal dari perlindungan kepada anak yang berkelanjutan.


Kata Kunci: Pendidikan; Paralegal; Perlindungan; Anak; Berkelanjutan.

Published
2017-08-08
How to Cite
ARLIMAN S, larensius. PENDIDIKAN PARALEGAL KEPADA MASYARAKAT SEBAGAI BENTUK PERLINDUNGAN ANAK YANG BERKELANJUTAN. UIR LAW REVIEW, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 63-76, aug. 2017. ISSN 2548-768X. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/uirlawreview/article/view/153>. Date accessed: 26 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.25299/ulr.2017.1.01.153.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.