Peranan Dewan Pengupahan Terhadap Penetapan Upah Minimum

  • Thamrins Thamrins Fakultas hukum universitas islam riau

Abstract

Dalam kehidupan manusia selalu berusaha untuk memenuhi segala kebutuhannya, baik kebutuhan sendiri maupun kebutuhan keluarganya. Setiap menusia memiliki kebutuhan yang bebeda satu dengan yang lainnya. Hal tersebut tergantung pada kemampuan atau daya beli masing-masing individu. Daya beli tergantung pula pada penghasilan (upah) yang diperolehnya dalam waktu tertentu setelah ia bekerja. Untuk memberikan perlindungan  Pekerja/buruh terhadap pengupahan, maka pemerintah membentuk Dewan Pengupahan (Tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota) yang merupakan lembaga non struktural yang bersifat tripartit. Dengan penetapan Upah Minimum oleh Dewan Pengupahan, diharapkan upah yang diterima oleh pekerja/buruh, sebagai sumber penghasilan dapat memenuhi kebutuhan hidup pekerja/buruh dan keluarganya, serta dapat tercapai  pemenuhan Kabutuhan Hidup Layak (KHL) pekerja/buruh. Secara psikologis upah yang diterima  dapat menciptakan kepuasan bagi pekerja/buruh. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Markus Sidauruk, Kebijakan pengupahan di Indonesia, Tinjauan Kritis dan Panduan Menuju Upah Layak, Bumi Intitama Sejahtera, Jakarta, 2013.
Zaeni Asyhadie, Hukum Kerja, Hukum Ketenagakerjaan Bidang Hubungan Kerja, Pt RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Undang Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945
Undang Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 2003, tentang Ketenagakerjaan.
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 107 tahun 2004, tentang Dewan Pengupahan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2015, Tentang Pengupahan.
Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2013, Tentang Upah Minimum.
Peraturan Menteri tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012, Tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup layak serta pedoman Survei dan Pengolahan data dan Kebutuhan Hidup layak.
http://geordy-resistencia-anz.blogspot.com/2012/02/konsep-upah-dalam-kacamata-islam.html.
http://maulanaihsan49.blogspot.co.id/,
Published
2017-04-25
How to Cite
THAMRINS, Thamrins. Peranan Dewan Pengupahan Terhadap Penetapan Upah Minimum. UIR LAW REVIEW, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 39-48, apr. 2017. ISSN 2548-768X. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/uirlawreview/article/view/152>. Date accessed: 24 may 2018. doi: https://doi.org/10.25299/ulr.2017.1.01.152.