ANALISIS KINERJA BANK UMUM SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX PERIODE TAHUN 2012-2016

Authors

  • Raja Ria Yusnita Fakultas Ekonomi (FE), Universitas Islam Riau (UIR)

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2019.vol2(1).3443

Keywords:

Islamic Performance Index, Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Ratio, Equitable Distribution Ratio, Bank Umum Syariah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja bank syariah di Indonesia pada tahun periode 2012 -2016 dengan menggunakan pendekatan Islamicity Performance Index. Sebab Islamicity Performance Index mampu mengungkapkan nilai-nilai materialistik dan spiritual yang ada dalam bank syariah. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non statistik dan metode deskriptif kualitatif dengan populasi dalam penelitian ini ada seluruh bank umum syariah yang ada di Indonesia yang berjumlah 13 bank dan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian  adalah 11 bank. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa nilai Profit Sharing Ratio secara keseluruhan porsi rata-rata pembiayaan bagi hasil mengalami peningkatan setiap tahunnya, nilai Zakat Performance Ratio secara keseluruhan mengalami penurunan, nilai Equitable Distribution Ratio secara keseluruhan dikatakan tidak cukup baik, nilai Directors Employee Welfare Ratio secara keseluruhan mengalami fluktuasi setiap tahunnya, nilai Islamic Investment vs Non Islamic Investment secara keseluruhan mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir, nilai Islamic Income vs Non Islamic Income secara keseluruhan mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir dan secara keseluruhan 11 bank umum syariah pada penelitian ini telah menerapkan Islamicity Performance Index.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Duantika, Defri. 2015. Analisis Perbandingan Kinerja Bank Syariah Berdasarkan RGEC dan Islamicity Performance Index (Studi Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri). Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hameed, Shahul dkk. 2004. Alternative Dislosure & Performance Measures For Islamic Banks. International Islamic University Malaysia. Kuala Lumpur.
Haq, Fadli Iqomul. 2015. Analisis Perbandingan Kinerja Bank Syariah Di Indonesia Melalui Islamicity Performance Index (Studi pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri Periode 2012-2013). Jurnal Universitas Brawijaya. Vol. 3, No. 2.
Kasmir. 2015. Manajemen Perbankan. Edisi Revisi, Cet. 13. Rajawali Pers. Jakarta.
Meilani, Sayekti Endah Retno, Andraeny, Dita dan Rahmayati, Anim. 2015. Analisis Kinerja Perbankan Syariah Di Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Islamicity Indices. Seminar Nasional dan The 3rd Call for Syariah Paper. ISSN 2480-0784.
Meilani, Sayekti. 2015. Hubungan Penerapan Good Governance Business Syariah Terhadap Islamicity Financial Performance Index Bank Syariah Di Indonesia. Menakar Masa Depan Profesi Memasuki MEA 2015 Menuju Era Crypto Economic. Seminar Nasional dan The 2rd Call for Syariah Paper. ISSN 2460-0784.
Rosly, S.A. 1999. Al Bay Bithaman Ajil Financing : Impact on Islamic Performance. Thunderbird International Business Review. 41 (4-5), 461-480.
Sebtianita, Evi dan Khasanah, Umrotul. 2015. Analisis Kinerja Bank Umum Syariah Dengan Menggunakan Pendekatan Islamicity Performance Index (Studi pada Bank Umum Syariah Periode Tahun 2009-2013. Jurnal UIN Maliki Malang. El-Dinar, Vol. 3, No 1.
Soemitra, Andri. 2009. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Edisi 1, Cet. 2. Kencana. Jakarta.
Sulistiyono, Prasetyo Adi, dkk. 2012. Pengukuran Kesehatan Bank Syariah Berdasarkan Islamicity Performance Index (Studi pada BMI dan BSM). Seminar Proceedings the 1st Islamic Economic and Finance Research Forum.

Additional Files

Published

2019-05-01