FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENGAJUKAN PEMBIAYAAN PENSIUN DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI AREA PEKANBARU

Authors

  • Dina Maisyaroh Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Islam Riau (UIR)

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2019.vol2(1).3442

Keywords:

Perbankan, Nasabah, Pembiayaan, Pensiun

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor  yang  mempengaruhi keputusan nasabah dalam mengajukan pembiayaan pensiun di PT. Bank Syariah Mandiri Area Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan Jumlah nasabah 65 orang yang mengajukan pembiayaan pensiun di PT. Bank Syariah Mandiri Area Pekanbaru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data kuantitatif digunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS for Windows Versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor kebudayaan, sosial, pribadi, psikologi dan bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah. Diketahui nilai koefisien korelasi sebesar  92,3% sehingga memiliki hubungan yang kuat. Kelima variabel bebas tersebut secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah dapat dilihat dari Fhitung lebih besar dari Ftabel (67,889 > 2,37). Kesimpulannya terdapat kontribusi antara kelima variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y). Nilai koefisen determinasi sebesar 83,9% dan sisanya 16,1% tidak termasuk dalam penelitian ini, jadi kelima variabel bebas mempengaruhi keputusan nasabah sehingga memiliki hubungan yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Johar. 2017. SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Blackwell, Roger D., Miniard, Paul W., & Engel, James F. 2001. Consumer Behaviour 9th Eds. Harcourt inc. Orlando-Floridia.
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Bogor.
Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.
Ivancevich, JM., Konopaske, Rober., & Matteson, T. Michael. 2006. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Erlangga. Jakarta.
Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara. Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2009. Srategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sanusi, Anwar. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.
Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Wahab, Zulaini. 2005. Segi Hukum Dana Pensiun. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Zainal Rivai, Veithzal, Firdaus djaelani, Salim Basalamah, dkk. 2017. Islamic Marketing Management. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Zulkifli. 2017. Manajemen perbankan Syariah. Pusat Kajian Pendidikan Islam FAI UIR, Pekanbaru Riau.

Additional Files

Published

2019-05-01