ANALISIS PERBANDINGAN PEMBIAYAAN MURABAHA PADA BANK BRI SYARIAH, BANK MEGA SYARIAH DAN BANK SYARIAH MANDIRI (Studi Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Indonesia Periode Tahun 2012-2016)

Authors

  • Raja Ria Yusnita Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(1).2042

Keywords:

Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Financing to Debt Ratio (FDR), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pembiayaan murabaha pada Bank Umum Syariah. Pembiayaan murabaha diukur dengan Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Financing to Debt Ratio (FDR) Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, selama 5 (lima) tahun dan menggunakan IBM SPSS 22 sebagai alat analisis penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Mann-Whitney. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah dan Bank Mega Syariah terdapat perbedaan. Sedangkan variabel Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Financing (NPF) dan Financing to Debt Ratio (FDR) tidak terdapat pembiayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. 2002. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Pustaka Al-Vabeth. Yoyakarta.
Agista, Aristantia Radis. 2015. Analisis Pengaruh DPK, CAR, NPF, dan ROA Terhadap Pembiayaan di Bank Muamalat Indonesia. Tidak diterbitkan. FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Antonio, M Syafi`I. 2003. Bank Syariah Dari Teori ke Praktek. PT Rajawali Press. Jakarta.
Antonio, Muhammad Syafi`i. 2011. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Gema Insani Pers. Jakarta.
Dendawijaya, Lukman., 2005. Manajemen Perbankan. Ghalia Indonesia. Bogor.
Dendawijaya, Lukman. 2009. Manajemen Perbankan. Ghali Indonesia. Jakarta.
Karim, Adiwarman. 2004. Bank Islam: Analisis Fikih dan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Karim, Adiwarman. 2007. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan. Edisi Revisi. Rajawali Pers. Jakarta.
Kasmir. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Rajawali Pers. Jakarta.
Latifatul, Mufidah. 2012. Analisis Variabel-variabel yang mempengaruhi Pembiayaan Murabahah pada Bank Umum Syariah. Tidak diterbitkan. FSH UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Lifstin, Wardiantika. 2012. Pengaruh DPK, CAR, NPF dan SWBI Terhadap Pembiayaan Murabahah pada Bank Umum Syariah. Tidak diterbitkan. FE Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.
Muhammad. 2008. Teknik Perhitungan Bagi Hasil dan Profit Margin pada Bank Syariah. UII Press. Yogyakarta.
Muklis, F. 2016. Struktur Kepemiliki, Ukuran Perusahaan dan Leverage, Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 1 (2):245-255.
Muntoha, Ihsan. 2011. Pengaruh GDP, Inflasi dan Kebijakan Jenis Pembiayaan terhadap Rasio NPF. Tidak diterbitkan. FE UNDIP. Semarang.
Perwataatmadja, Karnaen dan Syafi`i Antonio. 1999. Apa dan Bagaimana Bank Islam, cet ke-3. Dana Bhakti Wakaf. Yogyakarta.
Perwataatmadja, Karnaen A. 1999. Sistem Keuangan Islam. dalam majalah Pengembangan Perbankan Edisi No.75. Jakarta.
Rifai, Veithzal., 2007. Bank and Financial Institute Management. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sagita, Maharani Devi. 2010. Analaisis Pengaruh CAR. NPF dan DPK Terhadap Penyaluran Pembiayaan (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2001-2009). Tidak diterbitkan. Universitas Diponegoro. Semarang.

Downloads

Published

2018-05-01