AUTHOR GUIDELINES

SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah

Program Studi Ekonomi Syariah - Universitas Islam Riau

Ketentuan Umum

  1. Naskah atau artikel yang dipublikasikan SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah meliputi hasil penelitian dan non-penelitian (kajian teoritis, aplikasi teori dan review) tentang masalah-masalah keilmuan yang tergabung dalam rumpun ekonomi syariah.
  2. Artikel yang dikirimkan ke SYARIKAT belum pernah dipublikasikan di jurnal lain ataupun tidak diajukan ke jurnal lain.
  3. Naskah berupa manuskrip publikasi skripsi, tesis, atau disertasi harus menyertakan rekomendasi dari dosen pembimbing yang menyatakan bahwa manuskrip tersebut layak untuk dikirimkan ke SYARIKAT. Naskah akan direview oleh Mitra Bestari secara anonim, dan diberi keputusan diterima/layak muat, ditolak/tidak layak  muat, atau diterima dengan revisi.
  4.  Penulis harus merevisi berdasarkan umpan balik dari Mitra Bestari dalam batas waktu yang ditetapkan oleh Dewan Redaksi. 
  5. Dewan Redaksi berhak memperbaiki isi maupun tata tulis naskah tanpa mengubah substansi isi.
  6.  Kepustakaan atau sumber rujukan disarankan  pustaka-pustaka  terbitan  5-10  tahun  terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa buku dan jurnal nasional / internasional.
  7. Segala sesuatu yang menyangkut perizinan, pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah yang dilakukan oleh penulis artikel jurnal SYARIKAT, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya merupakan tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.

Ketentuan Khusus:Struktur Isi danSistematika Penulisan Artikel

Artikel diketik 1 spasi dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, kertas A4, jumlah  antara 12-15 halaman. Isi dan sistematika artikel yang ditulis dipaparkan secara naratif (tanpa penomoran di depan sub judul) dan harus memuat komponen di bawah ini.

1. Judul

Maksimal 14 kata dalam bahasa Indonesia atau 10 kata dalam bahasa Inggris, lugas dan menarik. Tipe Huruf (Font), Cambria 12.

2. NamaPenulis

Tuliskan nama lengkap penulis tanpa gelar, instansi tempat penulis bekerja/belajar, dan alamat korespondesi (email) penulis.

3. Abstract/Abstrak

Abstrak  ditampilkan  dalam  bahasa  Inggris  terlebih  dahulu  baru  dilanjutkan  abstrak berbahasa Indonesia. Abstrak maksimal 200 kata, justify, font Cambria, font size 12, 1 spasi. Abstrak meliputi: alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian secara ringkas (jenis dan rancangan penelitian, subjek penelitian, instrumen penelitian, metode analisis data), simpulan penelitian.

4. Keywords/ KataKunci

Kata-kata kunci dalam penelitian dapat diambil dari variabel  penelitian atau  karakteristik subjek penelitian dan teori yang diacu (minimum dua kata atau lebih). Kata kunci memuat konsep yang terkandung dalam artikel, ditulis dalam bahasa Indonesia terdiri dari 3 sampai 5 konsep.

5. Pendahuluan

Pendahuluan membahas uraian tentang latar belakang permasalahan, tujuan dan manfaat penelitian, kajian teori dan diakhiri dengan hipotesis (jika ada).

6. Landasan Teori

Bagian ini memuat tentang landasan teori dan hasil penelitian terdahulu yang nyata mendukung pemecahan permasalahan dan tujuan penelitian di dalam artikel.

7. MetodePenelitian

Menjelaskan bagaimana prosedur penelitian dilakukan meliputi desain penelitian, populasi, sampel, instrumen, skala pengukuran dan teknik analisis data. Berisi jenis dan rancangan penelitian, variabel penelitian, populasi dan sampel penelitian, metode pengumpulan data, metode analisis data (dapat disesuaikan dengan pendekatan penelitian yang digunakan, kuantitatif ataupun kualitatif).

8. Hasil

Hasil analisis data yang dilengkapi dengan ilustrasi (gambar, foto, tabel, dan grafik).

9. Pembahasan

Menginterpretasi hasil penelitian dan mengaitkan dengan konsep dasar teoretis. Bandingkan dengan teori, hasil penelitian lain yang relevan, dan implikasi teoritis dan praktisnya. Dalam pembahasan diperlukan ketajaman analisis dan sintesis secara kritis.

10. Simpulan

Isi kesimpulan merupakan jawaban dari tujuan penelitian bukan rangkuman hasil penelitian. Kesimpulan dan saran dibuat secara ringkas, jelas, dan satu paragraph.

11. DaftarPustaka

Daftar rujukan diharapkan 70% bersumber dari pustaka primer (jurnal, hasil penelitian, disertasi, tesis dan skripsi) dari pada pustaka sekunder (buku dan makalah) dan tahun terbitan levih 70% adalah 5-10 tahun terakhir, diurutkan secara alphabetis dan kronologis.

Artikel Non-Penelitian (Theoretical Review)

Judul, nama penulis, abstrak, kata kunci. Sama dengan format artikel hasil penelitian di atas.

Sub Judul. Sub judul lainnya sesuai dengan kebutuhan.

 

Teknis Penulisan/Tata Ketik

Penulis wajib mengikuti teknis penulisan / tata ketik berikut ini:

Margin atas dan bawah        : 2 cm.

Margin kiri dan kanan          : 2 cm.

Jenis huruf                               : Cambria.

Spasi                                         : 1 spasi.

Maksimal halaman                 : 12-15 halaman (tidak termasuk abstrak dan daftar pustaka).

Ukuran kertas                         : A4.

 

ProsedurPengiriman Naskah

Melalui Open Journal System: http://journal.uir.ac.id/index.php/syarikat.

 

CaraPengutipan Rujukan

Kutipan yang dipergunakan dalam artikel adalah body note, berupa kutipan langsung  atau kutipan tidak langsung. Hal yang penting setiap kutipan harus mencerminkan nama pengarang tanpa gelar dan tahun terbit. Contoh: Kematangan beragama dapat diidentifikasikan sebagai kematangan dalam beriman, karena hakekat beragama adalah keimanan (Ulfa, 2005). Menurut Yahya (2003) orang-orang yang beriman adalah orang yang menjadikan ridho Allah sebagai tujuan tertinggi dalam kehidupan mereka dan mereka berusaha untuk mencapa tujuan tersebut.

Cara Penulisan Daftar Pustaka

1. Jurnal:

Elliot, Aj. Dan Mcgregor H.A. 2001. Achievement Goal Framework. Jurnal of Personality and Social Psychology. Vol. 8, No.3:501-519.

2. Buku:

Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.

3. Tesis/Disertasi:

Tambak, Syahraini. 2002. Pendidikan Komunikasi Islami dalam Keluarga. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

FormatPenulisan Naskah

JUDUL NASKAH PUBLIKASI

-1 spasi-

First Author, Second Author, Third Author

Institution / Affiliation e-mail addres

-1 Spasi-

ABSTRACT

-1 spasi-

Keywords: ......................................

Kata Kunci: ………………………

PENDAHULUAN

-1 spasi-

LANDASAN TEORI

-1 spasi-

METODE PENELITIAN

-1 spasi-

HASIL 

-1 spasi-

PEMBAHASAN

-1 spasi-

SIMPULAN

-1 spasi-

DAFTAR PUSTAKA