Analisa Teknis Daya Dukung Pondasi Bore Pile Pembangunan Gedung Kantor PT. PLN (Persero) P3B Sumatera-Pekanbaru

Technical Analysis Capability Bore Pile Foundation Of Office Building PT. PLN (Persero) P3B Sumatera - Pekanbaru

Authors

  • Roni Ardiansyah Universitas Islam Riau

Keywords:

Mini pile, Bore Pile, Efisiensi Tiang

Abstract

[ID] Pemilihan jenis dan dimensi pondasi tiang adalah suatu hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan pembangunan suatu gedung untuk memikul beban bangunan yang akan dibangun. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode statis berdasarkan data SPT dan terhadap material, dengan mengasumsikan dimensi dan kedalaman pondasi yang akan digunakan dengan menggunakan dua opsi dan enam asumsi yang bertujuan untuk memperoleh pemilihan permodelan perencanaan pondasi Bore pile. Selanjutnya dilakukan analisa daya dukung kelompok tiang, serta penurunan tiang yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan pondasi Bore pile dengan ukuran dimensi tiang yang besar, jumlah tiang sedikit akan menghasilkan daya dukung yang besar dibandingkan dengan pondasi minipile dengan ukuran dimensi tiang yang kecil dengan jumlah tiang yang banyak, karena dipengaruhi oleh nilai efisiensi tiang.

[EN] Selection of the type and dimensions of the pile is a matter that needs to be considered in planning the construction of a building to carry the load building to be constructed. Analysis were performed using the static method based on SPT data and on the material, assuming the dimensions and depth of the foundation that will be used by using two options and six assumptions that aims to gain election Bore pile foundation design modeling. Furthermore, the analysis of the carrying capacity of pile groups, as well as the decline that occurred pile. The results showed using Bore pile foundation with a large pile dimensions, number of piles bit will generate a large carrying capacity compared with minipile foundation with dimensions smaller pile with the number of poles that a lot, because it is influenced by the efficiency of the pile.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Peck. K. T. R, 1993, Mekanika Tanah dalam Praktek Rekayasa jilid 1, edisi kedua,Alih Bahasa Witjaksono Bagus dan R. Krisna Benny, Penerbit Erlangga.
Bowles J. E, 1986, Analisa dan Desain Pondasi, jilid 1, Penerbit Erlangga.
Das B. M, 1991, Mekanika Tanah (prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis), jilid 1, Penerbit Erlangga, Surabaya.
Hardiyatmo H. C, 1996, Teknik Pondasi 1, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
HS. Sardjono, 1991, Pondasi Tiang Pancang, Jilid II, Penerbit Sinar Wijaya, Surabaya.
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1310/1/10304029.pdf 21:00
Oktafiani, 2012, Analisa Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Pada Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Islam Riau. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.
Suryolelono K. B, 2004, Perancangan Fondasi, Penerbit Nafiri, Yogyakarta.
Sevilla G. Consuelo dkk, 1993, Pengantar Metode Penelitian, Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.
Wangsadinata dkk, 1971, Peraturan Beton Bertulang Indonesia 1971, Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik Direktorat Jenderal Ciptakarya Direktorat Penyelidikan Masalah Bangunan.
Wesley L. D , 2012, Mekanika Tanah untuk Tanah Endapan dan Residu, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Published

2015-10-30

Issue

Section

Articles