EVALUASI ANALISA TARIF BIAYA ANGKUTAN UMUM KOTA PEKANBARU (STUDI KASUS : BUS WAY TRAYEK RAMAYANA – PANDAU PERMAI)

Evaluation Of Cost Analysis Of Public Transport City Rates Pekanbaru (Case Study : Busway stretch Ramayana - Pandau Permai )

Authors

  • Riza Azriadi Universitas Islam Riau
  • Abdul Kudus Zaini Universitas Islam Riau
  • Astuti Astuti Universitas Islam Riau

Keywords:

Bus, Transportasi, Cos

Abstract

[ID] Untuk memenuhi kebutuhan angkutan umum kota Pekanbaru, pemerintah kota menyediakan Trans Metro Pekanbaru bus yang memiliki sembilan koridor. Trans Metro Pekanbaru diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mobilitas tinggi. Namun kenyataan di lapangan, bus Trans Metro Pekanbaru tidak optimal dalam melakukan perannya sebagai sarana yang layak untuk mengangkut mereka pekanbaru masyarakat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengnalisa biaya operasional busway dari angkutan umum (metro pekanbaru trans), biaya meminimalkan dan tingkat yang lebih rendah dari yang efisien dan memprioritaskan keselamatan. Metode Evaluasi Analisis Biaya Transportasi Umum Tarif Pekanbaru (Bus Way Route Ramayana - PandauPermai) didukung oleh studi pustaka dan data primer dan data sekunder. Trans Metro Pekanbaru di koridor 1 (Ramayana - PandauPermai) pada jenis penelitian yang digunakan kendaraan Mitsubishi, tahun pembuatan 2008, jumlah armada yang beroperasi di hamparan Ramayana - pemandangan Pandau saat ini berjumlah 13 armada. Analisis menunjukkan tingkat saat sejalan dalam hal biaya operasional kendaraan. Tarif dari hasil analisis yang diperoleh Rp. 2000, - Sedangkan tarif yang diberlakukan oleh perusahaan manajemen sebesar Rp. 3000, -. Jadi, dengan tingkat saat ini dapat disimpulkan bahwa manajemen perusahaan untuk mendapatkan keuntungan transportasi bus umum. Transporttation Bus cara yang berbeda dari transportasi umum lainnya. Dengan tingkat yang sama Rp. 3000, - cara transportasi umum penumpang bus bisa transit dari satu koridor lain untuk koridor lain.

[EN] To meet the needs of the public transportation Pekanbaru city, the city government to provide Bus Trans Metro Pekanbaru which has nine corridors. Trans Metro Pekanbaru is expected to meet the needs of high mobility. But the reality in the field, Bus Trans Metro Pekanbaru is not optimal in performing its role as a viable means of transportation to their community pekanbaru. This study is intended to mengnalisa operational costs of public transport bus way (trans metro pekanbaru), minimizing costs and lower rates efficient and prioritizing safety. Evaluation Research Methods Analysis of Public Transport Cost Rates Pekanbaru (Bus Way Route Ramayana - PandauPermai) is supported by the study of literature and primary data and secondary data. Trans Metro Pekanbaru in the corridor 1 (Ramayana – PandauPermai) on the study type used vehicles are Mitsubishi, year of manufacture 2008, the total fleet operating in the stretch Ramayana - Pandau scenic currently number 13 fleet.The result of analysis shows the current rate is in line in terms of vehicle operating costs. Rates of analysis results obtained Rp. 2,000, - While the tariffs applied by the management company of Rp. 3000, -. So, with the current rate can be concluded that the freight management company gets public buses profit. Transporttation buses way different from other public transportation. With the same rate of Rp. 3000, - general transportation buses way passengers can transit from one another corridor to corridor other.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi Zulpan, 2001, Analisa Biaya Operasi Kendaraan Pada Travel Racmalia Indah Jurusan Yogyakarta – Surabaya, , Jurusan Teknik Sipil, FT UMY, Yogyakarta.
Convero, 1992 dalam Syafroza Azmil, 2004.”Analisa Biaya Operasional Tarif Kendaraan Angkutan Travel Propinsi Riau”, , Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Riau.
Kusumastuti, 2003, Dasar – Dasar Transportasi “ Tarif Angkutan”.
Morlok, EK. 1978, Perkembangan Teknologi Transportasi.
Morlok, EK. 1991. Pengantar Teknik Perencanaan Transportasi. Jakarta : Erlangga.
PT. Sarana Pembangunan Daerah Kota Pekanbaru.
Schumer, 1974, Dalam Syafroza Azmil, 2004. “Analisa Biaya Operasional Tarif Kendaraan Angkutan Travel Propinsi Riau”, , Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Riau.
Setiadi Deddy, 2002, Evaluasi Analisa Tarif Angkutan Kota Nomor Trayek C.4 Di Semarang Jawa Tengah, , Jurusan Teknik Sipil, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Syafroza Azmil, 2010, Analisa Biaya Operasional Tarif Kendaraan Angkutan Travel Propinsi Riau , , Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Riau.
Tamin, 1998, Dalam Syafroza Azmil, 2004. “Analisa Biaya Operasional Tarif Kendaraan Angkutan Travel Propinsi Riau”, , Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Riau.
Waldiyono Cs,1986, Dalam Syafroza Azmil, 2004. “Analisa Biaya Operasional Tarif Kendaraan Angkutan Travel Propinsi Riau”, Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Riau.
Warpani.s. 1990. Merencanakan Sistem Transportasi. Bandung : ITB

Published

2015-04-30

Issue

Section

Articles