Persepsi Masyarakat Terhadap Fasilitas Dan Pelayanan Angkutan Umum Trans Metro Pekanbaru

Public Perception To Facilities and Public Transportation Services of Trans Metro Pekanbaru

Authors

  • Puji Astuti Universitas Islam Riau
  • Reka Marsela Universitas Islam Riau
  • Mardianto Mardianto Universitas Islam Riau
  • Thalia Amanda Putri Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/saintis.2018.vol18(2).3149

Keywords:

Permaslahan Perkotaan, Persepsi, Masyarakat, Transportasi Publik

Abstract

[ID] Permasalahan yang terjadi pada angkutan umum Trans Metro Pekanbaru adalah kedatangan bus selalu tidak tepat waktu dan rute pelayanannya tidak ke semua tempat serta fasilitas halte yang kurang memadai. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap fasilitas dan pelayanan angkutan umum Trans Metro Pekanbaru dan mengidentifikasikan kebijakan pemerintah sebagai pengelola Trans Metro
Pekanbaru (TMP). Manfaat dari penelitian ini yaitu agar mengetahui pendapat masyarakat dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan angkutan umum Trans Metro Pekanbaru dalam melayani penumpang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan dengan pendekatan deduktif. Pendekatan deduktif merupakan penjelasan tentang prinsip-prinsip isi pelajaran, kemudian dijelaskan dalam bentuk penerapannya atau contoh-contohnya dalam situasi tertentu. Responden adalah penumpang Trans Metro Pekanbaru, jumlah responden yang dijadikan sampel penelitian yaitu 115 responden.Hasil dari penelitian ini yaitu tentang ketersediaan Trans Metro Pekanbaru yaitu sebanyak 90
responden menjawab berguna. Alasan masyarakat memilih Trans Metro Pekanbaru yaitu sebanyak 79 responden menjawab tersedia. Akses menuju halte yaitu sebanyak 72 responden menjawab mudah. Tarif ongkos yaitu sebanyak 83 responden menjawab murah. Keamanan dan kenyamanan saat menaiki Trans Metro Pekanbaru serta di halte yaitu sebanyak 55 responden menjawab baik. Pelayanan petugas yaitu sebanyak 70 responden menjawab sopan. Penampilan interior halte dan bus yaitu sebanyak 80 responden menjawab tidak menyenangkan. Kedatangan bus Trans Metro Pekanbaru yaitu sebanyak 71 responden menjawab kurang tepat waktu. Penampilan petugas Trans Metro Pekanbaru yaitu sebanyak 85 responden
menjawab rapi. Tentang tempat duduk selalu tersedia saat menaiki bus Trans Metro Pekanbaru yaitu sebanyak 78 responden menjawab tersedia. Total keseluruhan responden yaitu 115 responden. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dalam segi keamanan dan kenyamanannya baik, tarif/ongkosnya terjangkau oleh semua lapisan masyarakat, dari segi negatif yaitu kedatangan bus selalu tidak tepat waktu dan halte kurang memadai. Adapun saran kepada pemerintah yaitu memperbaiki halte yang rusak menjadi halte yang lebih memadai.

[EN] The problems that occur on public transport Trans Metro bus Pekanbaru is always imprecise arrival time and route of delivery is not to stop all places and facilities are inadequate. The purpose of this study is to determine public perceptions of the facilities and public transport services Trans Metro Pekanbaru and
identify government policies as the manager of Trans Metro Pekanbaru (TMP). The benefits of this research is in order to know the public opinion and people's satisfaction of public transport services in the Trans Metro Pekanbaru airport passengers. The method used in this study is a qualitative research method and
deductive approaches. Deductive approach is an explanation of the principles of subject content, then described in terms of implementation or examples in certain situations. Respondents were passengers of Trans Metro Pekanbaru, the number of respondents that the research sample is 115 respondents.Results
from this study is about the availability of Trans Metro Pekanbaru as many as 90 respondents answered handy. Communities choose Trans Metro Pekanbaru as many as 79 respondents provided. Access to the bus stop as many as 72 respondents answered easily. Rates / fees as many as 83 respondents answered cost.
Safety and comfort while riding the Trans Metro Pekanbaru and at the stop as many as 55 respondents answered either. Ministry officials as many as 70 respondents answered politely. The interior appearanceĀ and bus stop as many as 80 respondents answered no fun. Trans Metro bus Pekanbaru arrival of as many as 71 respondents answered less timely. Appearance officer Trans Metro Pekanbaru as many as 85 respondents answered neatly. About seating is always available while riding the Trans Metro bus Pekanbaru as many as 78 respondents provided. The total respondents, 115 respondents. The conclusion of this analysis, in terms of both safety and convenience, tariff / fare is affordable by all levels of society, from the negative aspects of the arrival of a bus always untimely and inadequate shelter. The advice to the government is to improve bus stops are broken into more adequate shelter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru. Data Trans Metro Pekanbaru, 2014.
Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota, (1998). Tentang Kebijakan Transportasi Perkotaan Secara Umum, Jakarta.
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, (2002). Tentang Pelayanan Trayek Angkutan Umum, Jakarta.
Direktorat Bina Sistem dan Angkotan Kota, (2008). Tentang Kebijakan Transportasi Perkotaan, Jakarta.
Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Kota Pekanbaru. Peta Administrasi Kota Pekanbaru, 2014.
Dinas Badan Pusat Statistik Kota Pekanbaru , Kota Pekanbaru Dalam Angka 2014.
Fahmi Khairul, (2009), Pengembangan Kawasan Sudirman Kota Pekanbaru. Penerbit Universitas Indonesia.
Nasution, H.M., (2003). Manajemen Transportasi, Bandar Lampung.
Nazir, Moh., (2009). Metode Penelitian.
Ghalia Indonesia, Jakarta.
Nugroho, (2012). Kebijakan Transportasi Publik Perkotaan, Pekanbaru.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.
Tamin, O.Z,. (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung.
Undang-undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan.

Published

2018-09-30

Issue

Section

Articles