Analisa Perbandingan Biaya Konstruksi Jalan Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku Pada Jalan Maredan Provinsi Riau

Authors

  • Fitra Ramdhani Program Studi Teknik Sipil Universitas Abdurrab

Keywords:

perkerasan lentur, perkerasan kaku, estimasi biaya

Abstract

Jalan Maredan merupakan jalan lintas yang menghubungkan Kota Pekanbaru dengan Kabupaten Siak Sri Indrapura di Provinsi Riau. Jalan Maredan ini dimulai dari ruas jalan Simpang Beringin Km. 25+100 sampai Simpang Jembatan Sultan Syarif Hasim Km. 55+100 (Maredan) yang merupakan akses jalan yang dapat mempercepat jarak tempuh antara kota Pekanbaru dengan kota kabupaten Siak Sri Indrapura. Biaya konstruksi perkerasan Jalan Maredan untuk ruas dari Simpang Beringin Km. 25+100 sampai dengan Km. 37+650 sepanjang 12.45 Km, dibiayai dengan sumber dana APBD Provinsi Riau melalui Dinas PU Provinsi Riau dengan sistem pelaksanaan kontrak tahun jamak (Multi Years) dan menggunakan konstruksi perkerasan kaku (Rigid Pavement). Sementara itu, dari Simpang Jembatan SSH Km. 52+650 sampai dengan Simpang Pos Maredan Km. 45+600 sepanjang 7 Km, dibiayai dengan sumber dana APBD Kabupaten Siak Sri Indrapura Tahun Anggaran 2013 dengan menggunakan konstruksi perkerasan lentur (Flexible Pavement). Berdasarkan analisa biaya pada awal konstruksi, bahwa Jalan Maredan dengan panjang jalan 7.000 meter dan lebar 7 meter diperoleh biaya konstruksi perkerasan lentur sebesar Rp. 24.549.455.527,00 dan konstruksi perkerasan kaku sebesar 39.009.602.650,57. Jadi, biaya konstruksi perkerasan lentur lebih hemat sebesar Rp. 14.460.147.123,57 atau sebesar 37,07%. Sedangkan untuk biaya pemeliharaan rutin dan berkala untuk kedua jenis konstruksi perkerasan sampai dengan umur 20 tahun, diperoleh untuk perkerasan lentur sebesar Rp. 111.840.000.356,80 dan perkerasan kaku sebesar Rp. 70.526.795.327,58. Jadi pada umur konstruksi jalan 20 tahun, biaya konstruksi jalan perkerasan kaku lebih hemat sebesar Rp.  41.313.205.029,21 atau 36,94% dari perkerasan lentur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DPU, 1989, Tata Cara Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Analisa Metode Komponen, DPU, Jakarta.
DPU, 1991, Pedoman Perencanaan Perkerasan Kaku, Badan penelitian dan Pengembangan PU, Jakarta.
DPU, 2005, Teknik Pengelolaan Jalan Seri Panduan Pemeliharaan Jalan Kabupaten, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Peneltian Pengembangan Prasarana Transportasi, Jakarta.
DPU, 2012, Manual Desain Perkerasan Jalan, Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.
Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak, 2013, Dokumen Lelang Peningkatan Jalan Simpang Jembatan SSH – Simpang Pos Meredan, Kabupaten Siak Sri Indrapura.
Dinas Bina Marga PU Provinsi Riau, 2012, Dokumen Lelang Peningkatan Jalan Simpang Beringin - Maredan (Multi Years), Pekanbaru.
Lampiran Keputusan Direktur Jenderal Bina Marga Nomor: 22.2/KPTS/Db/2012, Tanggal : 30 Maret 2012), Jakarta.
Manu, Agus Iqbal, 1995, Perkerasan Kaku, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Menteri Pekerjaan Umum, 2011, Peraturan Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan, Jakarta.
PT Adhi Karya (Persero) Tbk Divisi Konstruksi III, 2012, Dokumen Penawaran Pekerjaan Peningkatan Jalan Simpang Beringin – Maredan (Multi Years), Pekanbaru.
PT Adhi Karya (Persero) Tbk Divisi Konstruksi III, 2013, Dokumen Penawaran Peningkatan Jalan Simpang SSH – Simpang Pos Maredan, Kabupaten Siak Sri Indrapura.
Sentosa, Leo dan Awal, Asri Roza, 2012, Analisa Dampak Beban Overloading Kendaraan pada Struktur Rigid Pavement Terhadap Umur Rencana Perkerasan (Studi Kasus Ruas Jalan Simpang Lago – Sorek Km 77 s.d 78), Jurnal Teknil Sipil, Universitas Riau, Pekanbaru
Waluya, R, 2008, Studi Perbandingan Biaya Konstruksi Lapis Pondasi Beton dan Lapis Pondasi Agregat, Media Komunikasi Teknik Sipil, Palangka Raya.
Zainal. A.Z, 2005, Analisa Bangunan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Published

2016-04-25

Issue

Section

Articles