Studi Pengembangan Kawasan Perkotaan di Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai

Authors

  • Puji Astuti Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Islam Riau

Abstract

Kecamatan Dumai Barat berdasarkan letak administrasi, sistem pergerakan transportasi serta kegiatan sosial, memiliki potensi yang besar dan signifikan untuk berkembang. Perkembangan yang diperkirakan berjalan baik diantaranya pada sektor ekonomi (perdagangan dan jasa) dan sektor pertanian. Secara geografis Kecamatan Dumai Barat terletak pada pusat Kota Dumai. Kecamatan Dumai Barat juga menghubungkan pergerakan transportasi yang menguhubungkan Kota Dumai dengan pusat industri, pusat pemerintahan, kawasan perkantoran, kawasan pergudangan, serta perusahaan-perusahan besar berskala nasional yang terletak di kecamatan lainnya. Secara langsung maupun tidak langsung kecamatan ini akan mendapatkan keuntungan dari segi kuantitatif maupun kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan kondisi eksisting, kebijakan dan isu pengembangan, kondisi fisik dasar, guna lahan, serta sarana dan prasana, dan pengunaan lahan serta memberikan arahan bagi pengembangan kawasan perkotaannya. Berdasarkan penelitian, Kecamatan Dumai Barat mempunyai suatu keunggulan komparatif yang tidak dimiliki oleh wilayah lain untuk pengembangan wilayahnya. Kondisi topografi, hidrologi dan geologi Kecamatan Dumai Barat sangat signifikan untuk pengembangan bagi kegiatan permukiman dan pertanian. Pengembangan kawasan permukiman di Kecamatan Dumai Barat tetap mengacu pada kecenderungan perkembangan saat ini, dan gejala pertumbuhan kawasan permukiman pada kawasan-kawasan potensial sebagai akibat terstimulasi oleh program pembangunan pemerintah kota. Pengembangan kawasan perkantoran dan pemerintahan, kawasan perdagangan dan jasa di Kecamatan Dumai Barat  dilakuan dengan mempertimbangkan fungsi Kecamatan Dumai Barat didalam rencana tata ruang wilayah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthony J. Catanese&James C.Snyder, Perencanaan Kota, Edisi 2 Penerbit Erlangga, Jakarta, 1988.
C. Bryant And L.S. Whyle, Manajemen Pembangunan untuk Negara Berkembang, terjemahan, LP3ES, Jakarta, 1998.
Dudley Seers, The Meaning of Development, The International Development Reviews, Vol.11 No.4, Toronto, 1979.
Eriawan, T. and Tou, H. , Perencanaan Wilayah, Universitas Bung Hatta Press, Padang, 2010.
Faisal, Dampak Pembangunan Pelabuhan Ulee Lheue Terhadap Lalu Lintas Kota Banda Aceh, Tesis, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2006.
J. E Stiglitz, The Role of Government in Economic Development, World Bank, Developing The Private Sector, Chapter 3, 1997.
Mulyanto, Prinsip–Prinsip Pengembangan Wilayah, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2006.
Oktora, H, Identifikasi Faktor – Faktor Perioritas Pengembangan Taman Ronggowarsito Sebagai Ruang Terbuka Publik Tepian Sungai Bengawan Solo. Tugas Akhir. Jurusan Planologi, Universitas Diponegoro, Semarang, 2004.
Tarigan, R, Perencanaan Pembangunan Wilayah. Bumi Aksara, Jakarta. 2005.
Yunus, Hadi Sabari.. Struktur Tata Ruang Kota. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 2006.

Published

2016-04-25

Issue

Section

Articles