Evaluasi Waktu dan Biaya Pelaksanaan Pembangunan Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Riau Tahap I Jalan Tuanku Tambusai – Pekanbaru Riau

  • Saifullah Saifullah Universitas Islam Riau
  • Arhan Wanim Universitas Islam Riau
  • Astuti Boer Universitas Islam Riau

Abstract

Perkembangan teknologi dewasa ini terus memperlihatkan grafik kemajuan yang begitu pesat, hampir di segala bidang. Begitu pula dengan bidang konstruksi gedung yang semakin maju dan berkembang. Pembangunan Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Riau bertujuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan Universitas Muhammadiyah Riau itu sendiri. Dalam setiap pembangunan kendala - kendala yang sering dihadapi dalam pelaksanaan pekerjaan adalah terjadinya keterlambatan waktu pelaksanaan pekerjaan. Waktu pelaksanaan pekerjaan merupakan salah satu unsur penting dalam manajemen konstruksi apabila terjadi keterlambatan pekerjaan akan terjadi pula pembengkakan anggaran biaya pekerjaan. Jika dalam suatu pelaksanaan pekerjaan terjadi keterlambatan, maka perlu dilakukan evaluasi waktu pada beberapa aktivitas proyek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah waktu pelaksanaan pekerjaan sudah sesuai dengan waktu rencana awal dan menganalisa kemungkinan memperpendek waktu pelaksanaan dari realisasi lapangan.


Dalam penelitian ini, digunakan dua langkah pengumpulan data yaitu observasi lapangan dan wawancara. Untuk mengatasi keterlambatan pekerjaan  digunakan dua metode pada Pembangunan Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Riau, yaitu dengan menggunakan metode kerja lembur dan metode penambahan tenaga kerja baru. Pada metode kerja lembur upah yang harus dibayar kepada pekerja lebih tinggi 1,5 atau 2 kali upah biasa. Sedangkan pada metode penambahan tenaga kerja upah untuk tenaga baru sama dengan pekerja tetap, ditambah dengan biaya transportasi dan uang makan.


Berdasarkan hasil analisa pemendekan durasi dilakukan selama 21 hari kerja pada 18 kegiatan pekerjaan yang terdapat pada lintasan kritis. Penambahan biaya dengan metode kerja lembur sebesar Rp.265.842.755,00dengan metode penambahan tenaga kerja baru sebesar Rp.298.472.000,00.  Dari kedua metode yang ditinjau didapat bahwa metode kerja lembur lebih efisien dalam penambahan biaya karena jumlah biaya yang dikeluarkan lebih kecil.

References

Adianto, Harsugi, 2013, Revitalisasi SDN 107 Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, Tugas Akhir, Teknik Sipil UIR, Pekanbaru.
Dahlan, Ahmad, 1997, Microsoft Project 2000, Gramedia, Jakarta.
Dannyanti, 2010, Optimalisasi Pelaksanaan Proyek (studi kasus : Twin Tower Building Pasca Sarjana Undip), Tugas Akhir, Teknik Sipil UNDIP, Semarang.
Dipohusodo Istimawan, 1996, Manajemen Konstruksi, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.
Djojowirono Sugeng, 2000, Manajemen Konstruksi, Edisi Keempat, Penerbit Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil FT UGM, Yogyakarta.
Djojowirono, Soegeng, 2005, Skema Kesimpulan Defenisi Manajemen, Edisi Keempat, Penerbit Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil FT UGM, Yogyakarta.
Ervianto, I. W., 2002, Manajemen Proyek Konstruksi, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Hartono, 2004, Alternatif Pengurangan Dampak Keterlambatan Proyek, Tugas Akhir, Teknik Sipil UNRI, Pekanbaru.
Husen, Abrar, 2010, Manajemen Proyek.Penerbit Andi. Yogyakarta.
Nugraha, Paulus, dkk. 1986. Manajemen Proyek Kontruksi 1. Kartika Yudha. Surabaya.
Nugraha, Paulus, dkk. 1986. Manajemen Proyek Kontruksi 2. Kartika Yudha. Surabaya.
Saldjana, 1995, Studi Dampak Keterlambatan Proyek Terhadap Peningkatan Biaya, Tesis, Teknik Sipil ITB, Bandung.
Setiadi, 2006, Tinjauan Manajemen Konstruksi Pelaksanaan Pembangunan Kompleks Kantor Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Rengat – Indragiri Hulu, Tugas Akhir, Teknik Sipil UIR, Pekanbaru.
Soeharto Iman, 1995, Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional, Jilid I & II, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Soeharto, Iman, 1999, Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Tamin,Rizal Z, 1994, Perencanaan dan Strategi Pekerjaan, Gramedia Jakarta.
Wikipedia,2017,prinsip_manajemen,https://id.m.wikipedia.org/wiki/Prinsip_manajemen,23 april 2017.
Wikipedia,2017,manajemen_konstruksi,https://id.m.wikipedia.org/wiki/Manajemen_konstruksi, 23 april 2017.
Published
2017-10-01
How to Cite
SAIFULLAH, Saifullah; WANIM, Arhan; BOER, Astuti. Evaluasi Waktu dan Biaya Pelaksanaan Pembangunan Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Riau Tahap I Jalan Tuanku Tambusai – Pekanbaru Riau. JURNAL SAINTIS, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 24-37, oct. 2017. ISSN 2580-7110. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/saintis/article/view/2196>. Date accessed: 18 nov. 2018.
Section
Articles