Optimalisasi Waktu Dan Biaya Menggunakan Metode Least Cost Analysis Pada Proyek Peningkatan Jalan Lingkar Kota Dumai

  • Yan Putra Universitas Islam Riau
  • Sri Hartati Universitas Islam Riau

Abstract

Durasi waktu penyelesaian proyek bisa dipercepat dari durasi waktu normal dengan menambah sumber daya dalam batas-batas yang ekonomis, tanpa mengurangi mutu pekerjaan tersebut. Percepatan waktu penyelesaian proyek dilakukan pemendekan durasi pada kegiatan – kegiatan yang berada dalam jalur kritis pada jaringan kerja proyek yang salah satunya dengan menambah jam kerja (lembur) dengan konsekuensi biaya proyek menjadi meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kegiatan yang berada pada jalur kritis, menentukan perpendekan waktu dan dan total biaya dengan  Project Crashing, menentukan waktu yang  optimal dengan biaya yang minimum.


Tahapan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode CPM (Critical Path Methode) yaitu metode jalur kritis untuk menentukan jaringan kerja sehingga mendapatkan lintasan kritis, menganalisis durasi dan biaya percepatan dengan kerja lemur, melakukan perpendekan waktu dengan Project Crashing berdasarkan lintasan kritis berdasarkan cost slope terkecil selanjutnya dianalisis berdasarkan jaringan kerja CPM (Critical Path Methode) apakah terdapat jalur kritis baru sehingga diperoleh beberapa target percepatan. Selanjutnya berdasarkan target beberapa percepatan dilakukan analisa berdasarkan metode Least Cost Analysis sehingga diperoleh target percepatan yang optimal dengan biaya yang minimum.


Berdasarkan hasil analisa, didapat pemendekan durasi yang optimal dengan biaya yang minimum  selama 21 hari kerja sehingga durasi proyek menjadi 159 hari dengan total biaya proyek Rp 9.487.751.389,16 dari durasi normal 180 hari biaya proyek Rp 9.495.071.818,18 terjadi penurunan biaya proyek sebesar Rp 7.320.429,02 atau persentase penurunan biaya 0,08%.

References

Djojowirono Sugeng, 1991, “Manajemen Konstruksi”, Edisi Keempat, Penerbit Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil FT UGM, Yogyakarta
Dahlan, Ahmad, 1997, “Microsoft Project 2000”, Gramedia, Jakarta.
Dipohusodo Istimawan, 1996, “Manajemen Konstruksi”, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.
Dipohusodo, I., 1996. “Manajemen Proyek & Konstruksi Jilid 1 dan 2”, Kanisius,
Yogyakarta.
Ervianto, I. W., 2002 “Manajemen Proyek Konstruksi”, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Hardiyanta, Yudi, 2010, “ Optimalisai Waktu Dan Biaya Pekerjaan Dengan Metode Least Cost Analysis (Studi Kasus Pembangunan Dan Perluasan Kantor Bupati Kalungkung) Optimum Pada Proyek Konstruksi”, Tugas Akhir, Teknik Sipil Universitas Udayana, Denpasar.
Husen, Abrar, 2011, “Manajemen Proyek”, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Maulidaini, 2010, “ Optimalisi Biaya Menggunakan Metode Least Cost Analysis (Studi Kasus Proyek Pembangunan Perumahan Puri Cempaka Type 64/105) Optimum Pada Proyek Konstruksi”, Tugas Akhir, Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta.
Pratama, Fikri, 2016, “ Optimalisasi Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Proyek Pembangunan Kantor Dinas Peternakan Kabupaten Bone Bulango”, Tugas Akhir, Teknik Sipil UNDIP Semarang.
Saldjana, 1995, “Studi Dampak Keterlambatan Proyek Terhadap Peningkatan Biaya, Tesis”, Teknik Sipil ITB, Bandung.
Soeharto, I, 1995, “Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional”, Jilid I & II, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Soeharto, I., 1997, “Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional”. Erlangga, Jakarta.
Soeharto Iman, 1999, “Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional”, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Published
2017-04-01
How to Cite
PUTRA, Yan; HARTATI, Sri. Optimalisasi Waktu Dan Biaya Menggunakan Metode Least Cost Analysis Pada Proyek Peningkatan Jalan Lingkar Kota Dumai. JURNAL SAINTIS, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 100-113, apr. 2017. ISSN 2580-7110. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/saintis/article/view/1771>. Date accessed: 22 july 2018.
Section
Articles