Kajian Tarif Angkutan Penumpang Yang Layak Bus Trans Metro Pekanbaru

Authors

  • Muhammad Sofwan Universitas Islam Riau
  • Jajan Rohjan Universitas Pasundan
  • Reza M Surdia Universitas Pasundan

Keywords:

Tarif, BOK, Keterjangkauan Membayar, Kerelaan Membayar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji besaran tarif angkutan penumpang yang layak bus Trans Metro Pekanbaru dilihat dari sisi Perusahaan angkutan umum sebagai pengelola moda angkutan dan dari sisi penumpang sebagai pengguna jasa.  Terkait dengan tujuan di atas, maka dilakukan beberapa tahapan untuk menentukan tarif yang layak bus TMP berdasarkan tarif Angkutan Penumpang, Keterjangkauan Membayar Penumpang (TMP) dan Kerelaan Membayar Penumpang (RMP) dan merumuskan beberapa  skenario alternatif tarif yang layak. Berdasarkan  analisis tarif yang dilakukan maka dirumuskan ada empat skenario alternatif tarif  yang layak, dan alternataf tarif terpilih yaitu alternatif tarif 2 dengan nilai tarif sebesar Rp. 4.274,14 untuk koridor 1 dan sebesar Rp. 4808,1 untuk koridor 2, dengan range tarif berdasarkan grafik frekuensi TMP dan RMP sebesar Rp. 4.001-5.000,-. Dimana dengan nilai frekuensi komulatif yang didapat sebesar 72% responden memiliki keterjangkauan membayar dan sebesar 41% yang rela membayar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspiani, Ariani, Ramli, M.I., dan Ali, N., 2003. Analisis Nilai Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) Angkutan Ojek pada Kompleks Perumahan di Kota Makassar. Prosiding Simposium VI, Universitas Hasanuddin, Makassar.
Cervero, R. 1982. The Transit Pricing Evaluation Model: A Tool For Exploring Fare Policy Options. Transportation Research Part A: General. Pergamon
CIE. 2001. International Recommendations for Colour Vision


Requirements for Transport. The International Commission on Illumination. Vienna, Austria.
Dong HJ, Kouyaté B, Cairns J, Mugisha F, Sauerborn R. 2003. Willingness-to-pay for community-based health insurance in Nouna, Burkina Faso. Health Economics c; 12 (10): 849–862.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta : Andi
Morlok, Edward. 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Penerbit Erlangga, Jakarta
Warpani, Suwardjoko. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Penerbit ITB

Published

2017-04-01

Issue

Section

Articles