Analisa Kebutuhan Ruang Parkir Di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang Kepulauan Riau

  • Edison Saputra Universitas Islam Riau
  • Harmiyati Harmiyati Universitas Islam Riau
  • Roza Mildawati Universitas Islam Riau

Abstract

Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi global membawa dampak akan kebutuhan sarana transportasi udara, hal ini menyebabkan jumlah rute penerbangan menjadi meningkat. Adapun salah satu sarana fisik dibandara Raja Haji Fisabilillah adalah sarana parkir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik parkir dan luas kebutuhan parkir pada Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang.               Metode penelitian yang digunakan menggunakan pedoman dari Dirjen Perhubungan Darat tahun 1996 dan perhitungan karakteristik kendaraan yaitu: akumulasi, turn over, indek parkir, rata-rata parkir dan luas kebutuhan parkir. Penelitian ini dilakukan selama 7 hari dimulai pada pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 21:00 WIB. Dari hasil analisis diperoleh karakteristik parkir kendaraan roda empat yaitu: akumulasi parkir tertinggi sebanyak 63 kend/jam, durasi parkir tertinggi sebesar 1,779 kend/jam, turn over tertinggi sebesar 0,382 kend/jam, Indek parkir tertingi sebesar 25,301%, rata-rata parkir tertinggi sebesar 27,688 kend/jam. Luas lahan parkir yang dibutuhkan sebesar 748,11894 m² yaitu sekitar 63 SRP, sedangkan yang tersedia sebesar 2956,875 m² dari jumlah 249 SRP dan masih ada lahan sebesar 2208,756 m² yang dapat digunakan pada jam puncak. Karakteristik parkir kendaraan roda dua yaitu: akumulasi tertinggi sebanyak 46 kend/jam, durasi parkir tertinggi sebesar 1,727 kend/jam, turn over tertinggi sebesar 0,504 kend/jam, indek parkir tertinggi sebesar 39,316%, rata-rata parkir kendaraan roda dua tertinggi terjadi pada hari minggu 18 september 2016 sebesar 20,250 kend/jam. Luas lahan parkir yang dibutuhkan kendaraan roda dua sebesar 68,99958 m² yaitu sekitar 45 SRP, sedangkan yang tersedia sebesar 175,5 m² dari jumlah 117 SRP dan masih ada lahan sebesar 106,500 m² yang dapat digunakan pada jam puncak. Ditinjau dari karakteristik parkir, kebutuhan ruang parkir kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua pada Bandara Raja Haji Fisabilillah masih dapat menampung permintaan.

References

Direktoral Jendral Perhubungan Darat (DJPD), 1996 “Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir” Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota, Jakarta.
Kompas, 2017 “Data jumlah penumpang di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah tahun 2016” (http://www.google.co.id/amp/bisniskeuangan.kompas.com/ amp/read/2017/01/17/200000826/ap.ii.targetkan.pengembangan.bandara.raja.haji.fisabilillah)
Munawar, Ahmad, 2009 “Manajemen Lalu Lintas” ISBN 979-8541-28-6, Beta offset, Jogjakarta.
Raja Haji Fisabilillah, 2017 “Kapasitas Terminal” (http://rajahajifisabilillah-airport.co.id/id/airport-technical-information) diakses tanggal 21/01/2017
Tamin, Ofyar Z, 2003 “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Edisi Kesatu” ISBN 979-9299-98-5, Bandung.
Wikipedia, 2017 “Luas bangunan dan luas landasan pacu” (http://id.m.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Raja_Haji_Fisabilillah) diakses tanggal 04/02/2017
Published
2017-04-01
How to Cite
SAPUTRA, Edison; HARMIYATI, Harmiyati; MILDAWATI, Roza. Analisa Kebutuhan Ruang Parkir Di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang Kepulauan Riau. JURNAL SAINTIS, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 77-83, apr. 2017. ISSN 2580-7110. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/saintis/article/view/1769>. Date accessed: 20 sep. 2018.
Section
Articles