Penerapan Value Engineering Pada Pekerjaan Pembangunan Ruang Kelas Smkn I Kuok Kecamatan Kuok

  • Abdi Abdi Universitas Islam Riau
  • Deddy Purnomo Retno Universitas Islam Riau
  • Astuti Boer Universitas Islam Riau

Abstract

Value engineering adalah suatu usaha manajemen dalam menganalisa ssuatu proyek untuk mendapatkan fungsi yang dikehendaki yaitu dengan hasil yang optimal namun tetap konsisten dengan ketentuan untuk penampilan, kualitas dan pemeliharaan dari proyek tersebut. Tujuan dilakukannya value engineering untuk mengetahui item pekerjaan yang dapat dilakukan Value Engineering pada proyek pembagunan ruang kelas SMKN 1 Kuok dan menghitung perbandingan biaya proyek yang telah direncanakan dengan biaya proyek setelah dilakukannya Value Engineering serta penghematan yang diperoleh dari penerapan Value Engineering.


Penelitian ini mengunakan metode analisa siklus hidup proyek (life cycle cost) dan analisa pengambilan keputusan (analitycal heararchy process) dengan studi kasus pembagunan ruang kelas SMKN 1 Kuok. Data yang dipakai meliputi data harga bahan material, data rencana anggaran biaya (RAB), data gambar bangunan serta kuisioner dari beberapa responden. Adapun item pekerjaan yang di value engineering adalah pekerjaan atap karena mempunyai nilai c/w lebih besar dari pada item pekerjaan lain.


Dari hasil analisa didapat 3 alternatif item pekerjaan atap yaitu alternatif 1 atap seng, atap multi sirap dan atap genteng beton. Setelah dilakukannya value engineering atas dasar penghematan biaya maka dipilihlah alternatif 1 dengan biaya kontruksi sebesar Rp 26.951.285,75 atau 20,34%  dari biaya awal desaian yaitu Atap Genteng Metal dengan biaya kontruksi sebesar Rp 131.879.047,97. Pemilihan Alternatif 1 ini juga berdasarkan metode analisa siklus hidup proyek (life cycle cost) dan metode Analitical Hierarky Process (AHP).

References

Effendi, 2006. Penerapan Rekayasa Nilai pada Proyek Pembangunga Sei.Betung I, Tesis. Program Pasca Sarjana, Bidang Manajemen Rekayasa Kontruksi. Banjarmasin
Analytical Hierarchy Process (AHP) terhadap struktur pelat pada proyek pembangunan hotel Azizah Solo", Skripsi. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Published
2017-04-01
How to Cite
ABDI, Abdi; RETNO, Deddy Purnomo; BOER, Astuti. Penerapan Value Engineering Pada Pekerjaan Pembangunan Ruang Kelas Smkn I Kuok Kecamatan Kuok. JURNAL SAINTIS, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 71-76, apr. 2017. ISSN 2580-7110. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/saintis/article/view/1768>. Date accessed: 20 sep. 2018.
Section
Articles