Penataan Ruang Parkir Badan Jalan Untuk Meningkatkan Kinerja Ruas Jalan Sudirman-Simpang Jalan Teuku Umar

Parking Space Arrangement of The Road to Improve Performance Sudirman Roads - Teuku Umar Road Pekanbaru

Authors

  • Rangga Putra Makmur Universitas Islam Riau
  • Astuti Boer Universitas Islam Riau

Keywords:

Penataan ruang parkir, Kinerja ruas jalan, Parkir di badan jalan

Abstract

[ID] Akibat pembangunan yang semakin meningkat secara tidak langsung  menimbulkan adanya pergerakan lalulintas yang cukup padat sehingga menyebabkan kemacetan yang terlihat di beberapa ruas jalan besar dan persimpangan di Kota Pekanbaru.Pergerakan lalulintas yang padat tersebut menyebabkan berbagai permasalahan seperti parkir badan jalan (on street parking), tundaan, hambatan samping dan lain sebagainya. Parkir di tepi jalan merupakan fenomena yang menarik untuk dipelajari karena disatu sisi merupakan pilihan yang paling umum dilakukan oleh pengemudi dan di pihak lain merupakan hambatan samping yang dapat mempengaruhi kinerja jalan Ruas jalan yang cukup tinggi aktivitas lalulintasnya diantaranya adalah kawasan ruas Jalan Jendral Sudirman dan JalanTeuku Umar Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode yang berpedoman pada buku manual kapasitas jalan indonesia (MKJI, 1997) dan Direktorat Jendral Perhubungan Darat, penataan ruang parkir pada badan jalan ini dilakukan dengan melakukan metode survei untuk mengetahui karakteristik parkir, volume lalulintas yang terjadi dan mengukur geometri jalan guna melakukan perhitungan kapasitas, derajat kejenuhan, kecepatan arus bebas dan akumulasi parker serta kebutuhan ruang parkir.  Kemudian untuk mengatasi permasalahan yang ada, dicobauntuk membuat penataan parker dengan berbagai sudut. Dalam perhitungan arus lalulintas untuk Jalan arteri primer Sudirman pada hari libur pukul 17.00 – 18.00 WIB yaitu 3127 kend/jam dan perhitungan arus lalulintas untuk Jalan Teuku Umar di dapat data arus terbesar pada hari jum’at pukul 17.00 - 18.00 WIB yaitu 463,4 kend/jam. Kemudian dihitung kejenuhannya dengan cara membagi arus dengan kapasitas dari masing – masing lokasi jalan. Dari perhitungan didapat derajat kejenuhan untuk Jalan arteri primer Sudirman dengan jumlah rata-rata perhari sebesar 0,49 dan untuk Jalan Teuku Umar sebesar 0,17 dihitung berdasarkan rata – rata perhari. Hasil perhitungan ini dapat di ketahui bahwa Jalan arteri primer Sudirman dan Jalan Teuku Umar pada tahun 2015 belum di katakan jenuh. Hal ini dapat di lihat derajat kejenuhan yang <0,75 dan apabila derajat kejenuhan >0,75 maka jalan tersebut harus ditingkatkan. Hasil dari perhitungan derajat kejenuhan (DS) yang telah dihitung mempunyai nilai < 0,75, jadi arus masih stabil dan belum mencapai titik jenuh

[EN] As a result of increasing development indirectly gave rise to the movement of traffic is dense enough to cause congestion seen on several major roads and intersections in the city Pekanbaru.Pergerakan heavy traffic causes various problems such as parking the road (on street parking), delay , side barrier and so forth. Parking on the street is an interesting phenomenon to study because one hand is the most common choice made by the driver and on the other hand is a side friction that may affect the performance of the road segment is quite high activity of the traffic of which is the area of Jalan Sudirman and JalanTeuku Umar Pekanbaru. This study uses a method based on the manual of road capacity Indonesia (MKJI, 1997) and the Directorate General of Land Transportation, the arrangement of parking spaces on the road is done by conducting a survey method to determine the characteristics of parking, traffic volume that occurs and measure the geometry of the road in order to do calculation capacity, degree of saturation, free flow speed and the accumulation of parking as well as parking space requirements. Then, to solve the existing problems, trying to make parking arrangements with a variety of angles. In the calculation of traffic flow for a primary arterial road Sudirman on holidays at 17:00 to 18:00 pm is 3127 veh / h and traffic flow calculation for JalanTeuku Umar in the data stream can be greatest on Friday at 17:00 to 18:00 pm is 463.4 veh /clock. Saturation is then calculated by dividing the current capacity of each - each location street. Obtained from the calculation of the degree of saturation for primary arterial JalanSudirman with the average amount per day 0,49 and for JalanTeuku Umar 0.17 calculated based on the average - average per day. The calculation results can be in the know that the primary artery JalanSudirman and JalanTeuku Umar in 2015 not yet in saying saturated. It can be seen that the degree of saturation <0.75 and when the degree of saturation> 0.75 then the road should be increased. Results of calculation of the degree of saturation (DS) which has been calculated to have the value <0.75, so the flow is stable and has not reached saturation point.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bina Marga, 1997, “Manual Kapasi-tas Jalan Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Marga Departe-men Pekerjaan Umum”. Jakarta. (MKJI, 1997)
Dirjrn Bina Marga. 1990, “Panduan Survei Dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas”.Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta, 1990.
Dirjen Perhubungan Darat. 1998, “Pedoman Perencanaan Pen-goperasian Fasilitas Parkir”. Departemen Perhubungan Re-publik Indonesia. Jakarta, 1998.
Rully (2011) “Studi evaluasi kapasi-tas parkir dan jalan di depan mall kota surabaya dengan menggunakan sistem infor-masi geografis”Universitas Pembangunan Nasional Jatim, 2011.
Kusumawati, 1999, “Pengaruh Kegiatan Perparkiran Di Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Kertajaya”. Jakarta, 1999.
Munawar, A, 2006, “Manajemen Lalu Lintas Perkotaan.” Beta offset, Jogjakarta, 2006.
Putri.G.C (2006)“Dampak ON Street Parking Pada akhir pek-an di koridor Jalan Ir. H Dju-anda (Dago Utara)”Institute Tekhnologi Bandung, 2006
Setyawan R,2011, “Pengaruh Kegiatan Perparkiran Plaza Matahari Dibadan Jalan Ter-hadap Kinerja Ruas Jalan Pepaya”. Pekanbaru, 2011.
Tamin, O, Z 2000, “Perencanaan Dan Pemodelan Trans-portasi.” Penerbit ITB, Ban-dung, 2000.
Wahyuni R, (2011), “Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan” Universitas Sumatera Utara, 2011.
Warpani,SP. 2002.“Pengelolaan La-lu Lintas Dan Angkutan Jalan.” Institute Teknologi Bandung, 2002.
Zaini, Abd. Kudus. 2008, “Diktat Mata Kuliah Rekayasa Lalu Lintas.” Fakultas Teknik Universitas Islam Riau. Pek-anbaru, 2008.

Published

2016-10-01

Issue

Section

Articles