Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Kelas VIIIˡ di SMPN 1 Mempura Kecamatan Mempura Kabupaten Siak Provinsi Riau
Keywords:
Kreativitas, SiswaAbstract
Tujuan yang paling utama pendidikan seni tari adalah membantu siswa melalui tari untuk menemukan hubungan antara tubuhnya dengan seluruh eksistensinya sebagai manusia. Dengan demikian pendidikan tari berfungsi sebagai alternatif pengembangan jiwa anak menuju kedewasaannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah bagaimanakah Usaha Untuk Meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran seni budaya (seni tari) di SMPN 1 Mempura Kecamatan Mempura Kabupaten Siak dan faktor – faktor apa sajakah yang mempengaruhi kreativitas siswa dalam pembelajaran seni tari di SMPN 1 Mempura Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan populasi penelitian ini adalah seluruh personal siswa SMPN 1 Mempura Kabupaten Siak dan guru Seni Budaya, berjumlah 381 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel purposive, yaitu teknik pengambilan sampel dengan cara memiliki tujuan – tujuan tertentu. Besarnya sampel yang diambil oleh penulis adalah 8 orang yang terdiri dari 7 orang siswa kelas VIII1 yang pandai menari dan 1 orang lagi terdiri dari guru seni budaya.Hasil penelitian bahwa kreativitas siswa kelasa VIIII SMPN 1 Mempura Kabupaten Siak sudah mulai terlihat, akan tetapi siswa merasa kesulitan untuk mengembangkan kreativitas, karena siswa dituntut untuk menciptakan suatu karya tetapi kurang dibimbing oleh guru yang bersangkutan. Dalam proses belajar mengajar seharusnya guru bukan saja sebagai tenaga pengajar, pendidik, akan tetapi juga harus berperan sebagai pembimbing.