Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Berkomunikasi secara Lisan pada Tes Simulasi IELTS (International English Language Testing System)

  • Sitti Hadijah Universitas Islam Riau
  • Shalawati Shalawati Universitas Islam Riau
  • Andi Idayani Universitas Islam Riau

Abstract

IELTS (International English Language Testing System) merupakan salah satu tes kemahiran berbahasa Inggris yang megukur 4 keterampilan berbahasa Inggris seseorang. Terkait dengan adanya beberapa keterampilan berbahasa Inggris yang diukur di IELTS, penelitian ini berfokus pada penelitian berbicara (speaking) yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada IELTS Simulation Test untuk menganalisa kemampuan mahasiswa dalam melakukan tes keterampilan berbicara, serta menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan menjadi penghambat dalam melakukan tes simulasi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan mahasiswa dalam melakukan tes simulasi IELTS untuk keterampilan berbicara perlu untuk ditingkatkan lagi karena sebahagian besar mahasiswa masih berada pada rentang nilai 4-6. Sehingga, dapat dimaknai bahwa tingkat keterampilann mahasiswa dalam melakuan tes simulasi EITLS Speaking (Berbicara) sudah menunjukkan keterampilan yang cukup baik karena ada beberapa mahasiswa yang mampu meraih rentang nilai 7, dan sebahagian besar peserta tes juga sudah berada pada rentang 5-6, hanya beberapa mahasiswa yang berada pada rentang 4-4,5. Faktor latihan merupakan faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan peserta tes untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam berbicara Bahasa Inggris, namun seluruh mahasiswa yang diinterview mengemukakan bahwa mereka tidak melakukan persiapan khusus ketika mereka akan melakukan tes, sehinggan hasil yang mereka peroleh masih perlu untuk ditingkatkan. Selain itu, kecemasan pada saat melakukan tes berbicara mempengaruhi keterampilan peserta tes dalam menjawab pertanyaan yang diberikan, selain itu kesulitan peserta tes dalam memahami beberapa makna kata yang dituturkan oleh penguji menimbulkan kesulitan bagi peserta tes untuk merepon pertanyaan yang diajukan, namun mengetahui tips dan trik dalam melaukan tes IELTS Speaking dapat meminimalisir hal-hal yang dapat mengganggu selama pelaksanaan tes.


 Kata Kunci : Berbicara, Tes Simulasi IELTS

Published
2018-12-20
How to Cite
HADIJAH, Sitti; SHALAWATI, Shalawati; IDAYANI, Andi. Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Berkomunikasi secara Lisan pada Tes Simulasi IELTS (International English Language Testing System). GERAM, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 91-102, dec. 2018. ISSN 2580-376X. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/geram/article/view/2194>. Date accessed: 21 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.25299/geram.2018.vol6(2).2194.