Author Guidelines

1. Naskah tulisan harus mempunyai relevansi dengan bidang PIAUD
2. Naskah dimuat dalam Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Generasi Emas Universitas Islam Riau, belum pernah dimuat dalam jurnal atau publikasi manapun.
3. Naskah yang dimuat dalam Jurnal Pendidikan Islam Anak usia Dini Generasi Emas Universitas Islam Riau adalah kajian pustaka dan artikel hasil penelitian. yang dilakukan secara individual maupun kelompok.
4. Naskah akan direview oleh dewan redaksi. Naskah dapat diterima, ditolak, atau diterima dengan perbaikan dapat direvisi dalam batas waktu yang ditentukan oleh dewan redaksi.
5. Dewan redaksi berhak mengubah isi ataupun tata tulis naskah tanpa mengubah substansi isi.
6. Naskah diketik 1.5 spasi pada kertas A4, dengan huruf Times New Roman ukuran 12pt, berkisar ± 20 halaman, termasuk tabel, grafik, diagram, gambar, dan daftar pustaka. Margin atas/ bawah/ kiri/ kanak berurutan: 4/3/3/3. Cetakan naskah file berformat dokumen (via CD/ print out, email) dikirim ke alamat redaksi.
7. Isi artikel penelitian harus memuat komponen di bawah ini:
a. Judul
Ditulis dengan singkat padat, dan harus menggambarkan variabel-variabel penelitian, dibuat dengan huruf kapital Times New Roman, ukuran 14pt, bold, center.
b. Nama penulis
Ditulis tanpa gelar diberi indeks (superscript) 1,2,3, dan seterusnya yang diikuti dengan nama program studi.
c. Abstract
Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, yang terdiri dari 150-250 kata. Abstract memuat permasalahan, tujuan, metode, dan hasil penelitian.
d. Keyword/ kata kunci
Kata-kata pokok dalam penelitian yang mencerminkan variabel penelitian dan teori yang diacu. Keyword ditulis dalam bahasa Inggris. Ditulis dibawah abstract dengan jarak satu baris.
e. Isi naskah:
1. Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka dan tujuan penelitian. seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.
2. Metode Penelitian
Bagian metode penelitian berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan oleh peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.
3. Hasil dan pembahasan
Bagian hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dnegan pertanyaan penelitian. setiap hasil penelitian harus dibahas. pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/ hasil penelitian sejenis. panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari total panjang artikel.
4. Kesimpulan
Bagian kesimpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf.
f. Sumber referensi
Menggunakan catatan tubuh/ body note
g. Daftar rujukan
Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber merupakan sumber yang relevan dan up to date/ 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi).
8. Email redaksi: generasiemas@journal.uir.ac.id