Evaluasi Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qayyim Putri Yogyakarta

  • Syahri Ramadhan Konsultan di Leesan Edutrac Indonesia (Lembaga pendidikan, training)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menemukan bentuk-bentuk prinsipprinsip
belajar Utsman Najati dalam Pendidikan Agama Islam di MTs Ibnul
Qoyyim Putri Yogyakarta; (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang
mempengaruhi prinsip-prinsip belajar Utsman Najati dalam Pendidikan Agama
Islam di MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta; (3) menjelaskan cara yang tepat
untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip belajar Utsman Najati di MTs Ibnul
Qoyyim Yogyakarta.Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif
dengan model normatif-evaluatif. Adapun lokasi penelitian adalah di MTs Ibnul
Qoyyim Putri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara
mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1)
implementasi prinsip-prinsip belajar Utsman Najati dalam bentuk motivasi,
pengulangan belajar, partisipasi aktif, perhatian, pembagian belajar, dan
perubahan perilaku secara bertahap ditemukan di MTs Ibnul Qoyyim Putri
Yogyakarta. (2) faktor yang mempengaruhi; (a) faktor pendukung, yaitu integrasi
program kepondokan dengan madrasah, keseragaman gender, ketersedian
sarana dan prasarana memadai, aturan yang jelas, keteladanan yang ditampilkan
guru, dan kemampuan guru menggunakan berbagai macam metode
pembelajaran; (b) faktor penghambat, yaitu kesiapan guru dalam merancang
Rencana Program Pembelajaran (RPP),kegiatan madrasah dan kepondokan
terlalu padat, kemampuan murid beragam, buku referensi belum lengkap, alat
peraga pembelajaran belum lengkap, kemampuan guru dalam mengajar belum
merata, indisipliner, dan ada pihak-pihak yang belum terampil memberikan
keteladanan. (3) Cara yang tepat untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip
belajar Utsman Najati dalam pembelajaran PAI adalah: (a) merencanakan
kurikulum pembelajaran mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik
kedalam Rencana Program Pembelajaran (RPP) dan aturan-aturan keseharian di
madrasah dan pondok yang aplikatif, seperti Standard Operating Procedure
(SOP), (b) memadukan antara kurikulum PAI madrasah dengan kurikulum
kepondokan, (c) melaksanakan dan mengawasi kurikulum dengan pengawasan
berjenjang, (d) mengevaluasi pelaksanaan kurikulum pembelajaran PAI secara
berkelanjutan dalam jangka waktu tertentu, (e) merekonstruksi kurikulum
pembelajaran PAI dengan mengacu kepada hasil evaluasi kurikulum.

References

A.B.PHasan. Psikologi Islam Sebagai
Ilmu Pengetahuan : Epistemologi
dan Pengembangan di Masa
Depan. Jurnal Psikologi. Vol. V, No.
1, Juni 2012.
Assegaf, Abd. Rachman. 2012. Antologi
Pendidikan Islam. Yogyakarta: Idea
Press.
Assegaf, Abdul Rachman. 2004.
Pendidikan Islam dan Tantangan
Globalisasi : Buah Pikiran Seputar
Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial,
dan Budaya. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
A.S.A Latifah. Proses Pembelajaran
Agama Islam di SMA Plus Assalam
Bandung. Jurnal Tarbawi, Vol. 1,
No. 1, Tahun 2012.
Baharuddin. 2013. Aktualisasi Psikologi
Islami. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Jalaluddin. 2012. Psikologi Agama :
Memahami Perilaku dengan
Mengaplikasikan Prinsip-prinsip
Psikologi. Jakarta: Rajawali.
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan
Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam. Yogyakarta: Rosda Karya.
Mulyati. 2007. Pengantar Psikologi
Belajar. Yogyakarta: Quality
Publishing.
Najati, Utsman. 2005. Psikologi dalam
Al-Qur’an: Terapi Qur’ani dalam
Penyembuhan Gangguan Kejiwaan.
Pustaka Setia. Bandung.
Najati, Utsman. 2001. Al-Qur’an Wa
‘Ilmun Nafs. Beirut: Daarus
Syuruuq.
Shaleh, Abdul Rahman. 2009. Psikologi
Suatu Pengantar Dalam Perspektif
Islam. Jakarta: Kencana.
Suryabrata, Sumadi. 2014. Psikologi
Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2017-08-29
How to Cite
RAMADHAN, Syahri. Evaluasi Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qayyim Putri Yogyakarta. AL-THARIQAH, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 39-50, aug. 2017. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/646>. Date accessed: 26 sep. 2017.