Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Stres Guru di SMA Negeri 1 Kampar Kiri Hilir

  • Musaddad Harahap M.Pd.I Universitas Islam Riau
  • Ary Antony Putra Universitas Islam Riau

Abstract

Profesi guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia karena merupakan
wujud pengabdian diri untuk mengembangkan fitrah yang diberikan Allah SWT
kepada manusia yaitu dengan memberikan pendidikan, pengajaran, bimbingan yang
baik sehingga peserta didik menjadi insan kamil. Untuk itu guru perlu dihargai dan
salah satunya dengan memberikan kesejahteraan yang layak bagi kehidupan mereka.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh tingkat sosial ekonomi
dan stres pada guru, apakah ada pengaruh tingkat sosial ekonomi terhadap stres pada
guru di dan seberapa besar pengaruh tingkat sosial ekonomi dengan stres pada guru
di SMAN 1 Kampar Kiri Hilir. Metode yang digunakan adalah kuantitaf untuk
mengungkap data pengaruh antara variabel tingkat sosial ekonomi dengan stres guru.
Setelah dilakukan penelitian maka dapat ditemukan Tingkat sosial ekonomi guru di
SMAN 1 Kampar Kiri Hilir tergolong pada tingkat menengah kebawah. Hasil penelitian
ini menyatakan bahwa rxy>rt, dimana rxy pada taraf signifikan 5%=0,374 dan pada
taraf signifikansi 1%=0,478. Jadi, rxy>rt 5%=0,374>0,478, karena rxy lebih besar dari
rt, maka hipotesa alternative (Ha) yang menyatakan adanya korelasi atau pengaruh
positif yang signifikan antara tingkat sosial ekonomi dengan stres pada guru diterima,
sementara Ho ditolak, maksudnya semangkin tinggi tingkat sosial ekonomi guru,
maka akan semakin rendah tingkat stres pada guru.

Published
2017-08-26
How to Cite
M.PD.I, Musaddad Harahap; PUTRA, Ary Antony. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Stres Guru di SMA Negeri 1 Kampar Kiri Hilir. AL-THARIQAH, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-20, aug. 2017. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/640>. Date accessed: 26 sep. 2017.