Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam

  • Sawaluddin Sawaluddin STAI Rokan Bagan Batu Rokan Hilir

Abstract

Evaluasi dalam pendidikan Islam, secara umumsangat berguna bagi pendidik, peserta didik, ahli fikir pendidikan Islam,politik pengambil kebijakan pendidikan Islam, untuk membantu mereka dalam membenahi sistem pengawasan dan mempertimbangkan kebijakan yang akan diterapkan dalam sistem pendidikan nasional (Islam). Penelitian Kepustakaan atau Library research adalah telaah kepada beberapa referensi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan baik telaah pemikiran tokoh dan yang lainnya.evaluasi yaitu suatu proses dan tindakan yang terencana untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan (peserta didik) terhadap tujuan (pendidikan), sehingga dapat disusun penilaiannya yang dapat dijadikan dasar untuk membuat keputusan. Evaluasi dilakukan untuk mengevaluasi peserta didik, pendidik, materi pendidikan, proses penyampaian materi pelajaran, dan berbagai aspek lainnya yang berkaitan dengan materi pendidikan.

References

Al Mawardi. an Nukat wal Uyun, Beirut: Daar al Kutub al ‘Ilmiyyah,Vol 4, t.th.

Al‘Askariy, Abu Halal. Al Furuq al Lughawiyah, Mesir : Daar al ‘Ilm wa ats Tsaqafah,t.th

Allen, M.J. danYen, W.M. Introductionto Measurement Theory, Monterey: Wardsworth, Inc, 1979.

Al-Rasyidin, dkk. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Press, 2005.

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1990.

Ath-Thobari, Abu Ja’far. Jami’ul Bayan fi Ta’wil al Qur’an, Beirut: Muassasatu ar Risalah, Vol. 71420 H.

AzZubaidy. Murtadho, Taaj al Arus min Jawahir al Qamus, Daar alHidayah, Vol 37, t.th.

Az-Zuhailiy. Wahbah bin Musthofa, at Tafsir al Munir fil Aqidati wasy Syari’ati wal Manhaj, Damaskus: Daar al Fikr al Muashir, Vol. 20,1418 H.

Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia.

Faris, Ibnu. Mujmal al Lughah li Ibni Faris, Beirut: Muassasatu ar Risalah, 1406 H.

Hamalik, Oemar. Pengajaran Unit, Bandung: Alumni, 1982.

Ismanto. Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 9, No. 2, Agustus 2014.

Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1989.

Mardapi, Djemari. Evaluasi Penerapan Ujian Akhir Sekolah Dasar Berbasis Standar Nasional, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 13, Nomor 2, 2009.

Mujib, Abdul & Jusuf Mudzakir. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2008.

Nata, Abudin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.

Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Nitko, A.J. Educational Assessment of Students, New Jersey: Englewood Cliffs, 1996.

Purnomo, Edy, dan Sudji Munadi. "Evaluasi Hasil Belajar dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di Sekolah Menengah Kejuruan." Cakrawala Pendidikan 2, 2005.

Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2009.

Raghib, Al-Ashfihani, al-Mufradat fi Gharib al Qur’an, Damaskus: Daar a Qalam, 1412 H.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Kalam Mulia, 2008.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, tt.

Sax, G. Principles of Educational and Psychological Measurementand Evaluation. Belmont California: Wads Worth Pub. Co, 1980.

Subali, Bambang. Penilaian, Evaluasi,dan Remediasi Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Jurusan Biologi Fakultas MIPA, 2010.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2009.

Thaha, M. Chabib. Tehnik-tehnik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo, 1990.

Zuhairini. Metodik Khusus pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1981.
Published
2018-07-13
How to Cite
SAWALUDDIN, Sawaluddin. Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 39-52, july 2018. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/1775>. Date accessed: 19 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775.