Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PANDUAN BAGI PENULIS

 Macam dan Isi Artikel

Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah merupakan jurnal peer-review yang akan menerbitkan artikel hasil penelitian tentang isu-isu aktual pendidikan agama Islam yang belum pernah atau sedang dalam proses penerbitan.
Artikel diketik 1 spasi boleh menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Arab dan Inggris, kertas A4 minimal 12-20 halaman dilengkapi dengan judul artikel, nama penulis, dan alamat lembaga tempat bekerja. Naskah dapat dikirim paling lambat satu bulan sebelum publikasi kepada Pengelola Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Riau (UIR), Jl. Kaharuddin Nasution No. 113, Perhentian Marpoyan, Pekanbaru 28284, Telp. (0761) 674636. Submit online tersedia di http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah. Email: al-thariqah@journal.uir.ac.id.
 

Format/Peringkat Huruf

Judul, sub judul, dan sub-sub judul dalam tulisan dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda dan tidak menggunakan nomor. Tipe huruf yang digunakan adalah Font Cambria dengan Font Size 12.
PERINGKAT 1 (HURUF BESAR SEMUA DAN RATA DENGAN TEPI KIRI)
Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil Tegak Rata dengan Tepi Kiri dan Dihitamkan)
Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil Miring Rata dengan Tepi Kiri dan Dihitamkan)
Peringkat 4 (huruf besar kecil miring rata dengan tepi kiri dan tidak dihitamkan)
 

Kriteria Artikel

Judul: Maksimal 14 kata dalam bahasa Indonesia atau 10 kata dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab, lugas dan menarik.
Nama Penulis: Lengkapi dengan nama dan alamat lembaga tempat bekerja, alamat surel untuk korespondensi dengan penulis.
Abstrak: Merupakan miniatur isi keseluruhan artikel meliputi masalah, tujuan, metode, hasil, simpulan dan saran, ditulis dalam bahasa Indonesia dan inggris maksimal 150 kata.
Kata Kunci: Memuat konsep yang terkandung dalam artikel, ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris terdiri dari 3 sampai 5 konsep.
Pendahuluan: Bagian ini memuat masalah penelitian dan disajikan secara eksplisit dengan didukung data dan fakta yang ada.
Konsep Teori: Memuat upaya untuk mengidentifikasi teori-teori yang relevan dan logis sehingga alasan atas masalah dan tujuan penelitian dapat dikonseptualisasikan untuk diuji dan dianalisis.
Metode Penelitian: Menjelaskan bagaimana prosedur penelitian dilakukan meliputi desain penelitian, populasi/sampel atau informan, instrumen, dan teknik analisa data.
Hasil dan Pembahasan: Hasil memuat analisis data yang dilengkapi dengan ilustrasi seperti gambar, foto, tabel, dan grafik. Sementara pembahasan memuat interpretasi hasil penelitian yang dihubungkan dengan konsep teori, hasil penelitian yang relevan, dan implikasi teoritis dan praktisnya. Dalam pembahasan diperlukan ketajaman analisis dan sintesis secara kritis.
Penutup: Ditulis dalam bentuk essay, memuat esensi dari perpaduan antara hasil dengan pembahasan dan bukan hanya rangkuman.
Daftar Rujukan: Daftar rujukan diutamakan bersumber dari pustaka primer seperti jurnal Nasional dan Internasional, hasil penelitian, disertasi, tesis, dan skripsi. Kemutakhiran referensi (10 tahun terakhir) dan diurutkan secara alphabetis dan kronologis.
 

Penggunaan Ilustrasi dalam Artikel

Gambar, Foto, Tabel, Grafik, Diagram harus disesuaikan columns Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. Judul pada gambar, foto, tabel, grafik, atau diagram di bawah, rata kiri, dengan memberi nomor pada masing-masing. Font Cambria, sedangkan Font Sizenya boleh 8, 9, dan 10. Singkatan yang ada dalam ilustrasi terutama tabel, grafik, dan diagram diberi kepanjangan di bawah.

Transliterasi

Artikel yang dikirimkan menggunakan transliterasi sebagai berikut:
Untuk kata yang memiliki madd (panjang), digunakan formulasi di bawah ini:

 ا  = a

خ = kh

ش = sy

غ = gh

ن = n

ب = b

د = d

ص = sh

ف = f

و = w

ت = t

ذ = dz

ض = dh

ق = q

ه = h

ث = ts

ر = r

ط = th

ك = k

ء = ’

ج = j

ز = z

ظ = zh

ل = l

 ي = ya

ح = h

س = s

ع = ‘

  م = m

 

 
â = a panjang, seperti, al-islâmiyah
î = i panjang, seperti, al-`aqîdah wa al-syarî`ah
û = u panjang, seperti al-dustûr
 

Pedoman Pengutipan Dalam Artikel

Kutipan yang digunakan dalam artikel menggunakan Body Note dapat berupa kutipan langsung atau kutipan tidak langsung. Model kutipan menggunakan format seperti berikut:
* Kematangan beragama dapat diidentifikasi sebagai kematangan dalam beriman, karena hakekat beragama adalah keimanan (Ulfa, 2005: 25).
* Menurut Al-Attas (1990: 64) Ta'dib adalah istilah yang tepat untuk menunjukkan pendidikan Islam, karena proposisi konsep pendidikan dan proses pendidikan telah tercakup.

Pedoman Penulisan Daftar Rujukan

Penulisan daftar rujukan dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah menggunakan pola MLA (Modern Language Association). Contoh:
Buku: Sedikit ada elaborasi sebagai ciri khas.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan ManusiaBandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Jurnal: Tidak ada perubahan sama sekali.
Tambak, Syahraini. "Eksistensi Pendidikan Islam Al-Azhar: Sejarah Sosial Kelembagaan Al-Azhar dan Pengaruhnya Terhadap Kemajuan Pendidikan Islam Era Modernisasi di Mesir." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.2 (2017): 115-139.