Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah adalah jurnal berkala ilmiah yang fokus untuk menerbitkan hasil penelitian tentang isu-isu aktual pendidikan agama Islam. Jurnal ini didirikan pada hari Jumat, 01 April 2016 sesuai dengan keputusan Dekan Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau Nomor 001/Kpts/Dekan-FAI/UIR/ 2016. Jurnal ini juga sudah terakreditasi di SINTA-2 peringkat 4 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 34/E/KTP/2018 tentang peringkat akreditasi jurnal ilmiah periode III tahun 2018. Masa berlaku akreditasi 5 tahun dihitung dari hari Senin, 10 Desember 2018 hingga Minggu, 10 Desember 2023.

Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah pada saat ini (Senin, 03 Juni 2019) telah mengalami perubahan yang cukup mendasar. Perubahan yang dialami jurnal ini tidak lepas dari kepercayaan yang diberikan oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Republik Indonesia untuk mengikuti berbagai kegiatan seperti kegiatan workshop persiapan akreditasi jurnal ilmiah di Universitas Malahayati Bandar Lampung pada Selasa, 30 Oktober 2018 dan workshop asistensi jurnal elektronik terakreditasi di Pekanbaru pada hari Kamis-Sabtu, 9-11 Mei 2019 di Pekanbaru. Dari kegiatan-kegiatan itu Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah banyak mendapat masukan dari tim pakar yang mengharuskan untuk dilakukannya perubahan. Oleh karena itu sudah menjadi keniscayaan bagi Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah melakukan perubahan itu untuk dapat meningkatkan kualitas penerbitan sehingga ke depan diharapkan akreditasinya bisa naik peringkat. Perubahan yang dimaksud sebagai berikut:

  1. Pedoman penulisan untuk para penulis (Author)
  2. Template untuk para penulis (Author)
  3. Kompisisi Reviewer
  4. Desain cover
  5. Desain website

Diharapkan informasi perubahan yang dilakukan Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah ini dapat dijadikan pedoman, manakala suatu saat ditemukan ada terbitan yang kesannya tidak konsisten. Bahkan ke depan perubahan terhadap jurnal ini juga sangat memungkinkan, mengingat regulasi pengelolaan jurnal ilmiah elektronik berpotensi mengalami penyempurnaan-penyempurnaan oleh pemerintah yang didasarkan kepada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan komunikasi dewasa ini.