Pengantar Editorial

Edisi XV (April 2018)

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah, al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan sudah memasuki tahun ke-15. Berbagai kendala sudah berhasil dikelola oleh Tim Editorial al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan agar memenuhi kebutuhan para penulis, peneliti, dan pemikir keilmuan, keislaman, dan keagamaan. Tahun demi tahun, al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan terus meningkatkan kualitas publikasi ilmiah dengan melanjutkan perjuangan para pendiri jurnal Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau, agar memenuhi standar publikasi ilmiah yang berkualitas, produktif, dan konsisten dengan dimensi keislaman, keilmuan, dan keagamaan.

Pada edisi April tahun 2018, Tim Editorial al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan memutuskan untuk melibatkan berbagai ilmuwan tambahan dibanding edisi sebelumnya, dari luar lingkup Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Islam Riau (UIR).  Dekan FAI UIR saat ini, Dr. Zulkifli Rusby, MM., ME.Sy dan Wakil Dekan I, Miftah Syarif, M.Ag., mengambil langkah strategis untuk melakukan perubahan editorial dan manajemen jurnal. Salah satu cara yang diambil adalah meminta kesediaan para ilmuwan dari dalam dan luar negeri sebagai Mitra Bestari (Reviewers) bagi  al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan. Harapan kami, dengan kehadiran Dr. H. Radjasa, M.Si, (UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta), Dr. H. Fuad Nashori, M.Si., M.Ag., Psikolog (Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta), Dato' Dr. H. Abdul Malik, M.Pd (Univeristas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang), Azhar bin Ja’farRamli, Ph.D, (University College of Yayasan Pahang, Malaysia), dan Dr. Gamal Abdul Nasir Zakaria (Sultan Hassanal Bolkiah, Institute of Education, Universiti Brunei Darussalam), menjadi tolak ukur peningkatan tata kelola jurnal FAI UIR agar semakin berkualitas, produktif, dan bermanfaat. Selain itu, kami yakin jurnal FAI UIR akan berhasil mengakselerasi pencapaian Visi dan Misi FAI UIR, maupun Visi dan Misi UIR, khususnya Visi UIR, yaitu "Menjadi Universitas Islam Unggul dan Terkemuka di Asia Tenggara padatahun 2020."

Kami, tim editorial dari al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Mitra Bestari atas kesediaan Mitra Bestari untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di FAI UIR melalui masukan dan review tulisan yang masuk ke jurnal FAI UIR. Kami yakin, dengan kehadiran Mitra Bestari tersebut, jurnal FAI UIR akan berhasil mencapai tujuan dan cita-cita penyebaran ilmu yang bermanfaat berdasarkan Visi dan Misi UIR. Lebih jauh lagi,  jurnal FAI UIR akan memenuhi kriteria jurnal sesuai kriteria LIPI, Kemenristekdikti, maupun Kemenag Pusat, Jakarta.

 Semoga Allah SWT meneguhkan langkah kita dalam penyebaran ilmu yang bermanfaat ini dan menjadikan peran serta ini sebagai ladang ilmu yang bermanfaat. Amin Yaa Mujib.

 Hormat saya.
Bahril Hidayat
(Managing Editor)

 

 al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan

e-ISSN: 2598-2168

p-ISSN: 1412-5382