PENGARUH CARA BELAJAR DAN KESIAPAN MENTAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN

Authors

  • Zakir Has

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh cara belajar dan kesiapan mental  terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini deskriptif kuantatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni 2012, subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras tahun ajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa keseluruhan 104 orang. Sampel diambil oleh peneliti yaitu 50% dari jumlah keseluruhan yang ada yaitu 52 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembaran kuesioner untuk melihat seberapa besar pengaruh cara belajar dan kesiapan mental siswa terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, untuk analisis data digunakan metode deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa adanya pengaruh cara balajar dan kesiapan mental siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras tahun ajaran 2011/2012. Hal ini terbukti dari analisis regresi berganda dimana t hitung  2,178 > t tabel 1,675.

 

Kata kunci: cara belajar, kesiapan mental, dan hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-28

How to Cite

Has, Z. (2018). PENGARUH CARA BELAJAR DAN KESIAPAN MENTAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN. PEKA, 6(2), 135–141. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2744

Issue

Section

Articles