PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN BERBANTUAN MODUL ELEKTRONIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI SMA NEGERI 8 PEKANBARU TAHUN 2017

Authors

  • Sugianto Sugianto
  • Purba Andy Wijaya

Abstract

Abstrak

            Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan berbantuan modul elektronik terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini dilaksanakan pada bulan September. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII pada kelas XII IPA 3, IPA 4 dan IPA 6 dengan total jumlah sebnyak 104 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan terhadap subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur angket motivasi belajar dan soal tes kemampuan berpikir kreatif dengan SPSS versi 22, sedangkan untuk mengetahui pengaruh antar variabel mengunakan analisis uji manova. Dengan hasil P Value sig 0,000<0,05 untuk kemampuan berpikir kreatif dan P Value sig 0,000<0,05 untuk motivasi belajar, maka H0 ditolak dan HI di terima. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan berbantuan modul elektronik terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif di SMA Negeri 8 Pekanbaru Tahun 2017.

 

Kata kunci: Model  Pembelajaran  Creative  Problem  Solving  (CPS),  Modul  Elektronik, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-18

How to Cite

Sugianto, S., & Wijaya, P. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN BERBANTUAN MODUL ELEKTRONIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI SMA NEGERI 8 PEKANBARU TAHUN 2017. PEKA, 6(1), 72–79. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1867

Issue

Section

Articles