PENERAPAN METODE JIGSAW DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS X SISWA SMP N 8 PEKANBARU TA 2017/2018

Authors

  • Wagirah Wagirah

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKN  siswa kelas X di SMP N 8 Pekanbaru dengan menggunakan metode Jigsaw dengan menggunakan Peta konsep.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Okteber 2017 . Subjek penelitian ini adalah satu kelas, siswa kelas X, yang terdiri 21 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), adapun langkah-langkah dalam penelitian ini adanya persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, tiap siklus masing-masing dua kali pertemuan dan satu kali ulangan. Selain ulangan teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil latihan yang diberikan pada akhir pertemuan. Untuk melihat aktifitas siswa dan guru selama teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada Bab IV maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Penggunaan media pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan strategi Peta Konsep dalam pembelajaran mata pelajaran PPKN untuk siswa kelas XSMP 8 Pekanbaru dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar yang ditunjukkan pada siklus I yaitu 81,90% dan siklus II 91,90% setiap siklusnya mengalami peningkatan yang sangat baik, juga dapat dilihat dari aktivitas siswa siklus I yaitu 69,74% dan siklus II naik menjadi 81,38%, aktivitas guru siklus I yaitu 65,38% dan siklus II 96,15%.

 

Kata kunci: Jigsaw, peta konsep, hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-26

How to Cite

Wagirah, W. (2018). PENERAPAN METODE JIGSAW DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS X SISWA SMP N 8 PEKANBARU TA 2017/2018. PEKA, 5(1), 113–120. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1328

Issue

Section

Articles