PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR, PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK LABOR BINAAN FKIP UNRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan waktu belajar, pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI. Pada penelitian ini terdapat empat variabel yaitu pemanfaatan waktu belajar (X1), pemanfaatan fasilitas belajar (X2), motivasi (X3) dan hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI yang berjumlah 182 siswa dengan menggunakan rumus Slovin diketahui jumlah sampel pada penelitian ini adalah 126 siswa, data diperoleh menggunakan kuisioner yang terdiri dari 34 butir pernyataan sementara analisis data menggunakan regresi bergandadengan bantuan SPSS
Hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan waktu belajar, pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa Fhiting 13,433 > Ftabel 3,069 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05,maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi yang diberikan sebesar 23 %, sedangkan sisanya sebesar 77% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.