PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR, PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK LABOR BINAAN FKIP UNRI

Authors

  • Maya Yulia Eka Putri
  • Nurhuda Nurhuda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan waktu belajar, pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI. Pada penelitian ini terdapat empat variabel yaitu  pemanfaatan waktu belajar (X1), pemanfaatan fasilitas belajar (X2), motivasi (X3) dan hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI yang berjumlah 182 siswa dengan menggunakan rumus Slovin diketahui jumlah sampel pada penelitian ini adalah 126 siswa, data diperoleh menggunakan kuisioner yang terdiri dari 34 butir pernyataan sementara analisis data menggunakan regresi bergandadengan bantuan SPSS

Hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa  ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan waktu belajar, pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa Fhiting  13,433  > Ftabel 3,069 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05,maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi yang diberikan sebesar 23 %, sedangkan sisanya sebesar 77% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-03

How to Cite

Putri, M. Y. E., & Nurhuda, N. (2018). PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR, PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK LABOR BINAAN FKIP UNRI. PEKA, 5(1), 30–42. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1182

Issue

Section

Articles