PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN CALON MAHASISWA MELANJUTKAN STUDI DI PERGURUAN TINGGI (Survei pada siswa kelas XII SMA Negeri Sekecamatan Tanah Putih)

Main Article Content

Agus Baskara Nila Ernasari

Abstract

PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN CALON MAHASISWA MELANJUTKAN STUDI


DI PERGURUAN TINGGI


(Survei pada siswa kelas XII SMA Negeri Sekecamatan Tanah Putih)


 


Agus Baskara, Nila Ernasari


Pendidikan Akuntansi, Universitas Islam Riau


agus.baskara@edu.uir.ac.id


 


 


ABSTRAK


Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Sekecamatan Tanah putih dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai Pengaruh Word Of Mouth (Wom) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Calon Mahasiswa Melanjutkan Studi Di Perguruan Tinggi (Survei pada siswa kelas XII SMA Negeri Sekecamatan Tanah Putih). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Tanah Putih, SMA Negeri 2 Tanah Putih, SMA Negeri 3 Tanah Putih, SMA Negeri 4 Tanah Putih, dan SMA Negeri 5 Tanah Putih dengan populasi sebanyak 577 siswa dan sampel berjumlah 236 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dan teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah angket.


Dalam penelitian ini dilakukan uji instrumen, analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan reresi, yaitu: Y= 6,253+0,238X1+0,435X2. Dalam uji simultan diperoleh fhitung  = 39,312 dan tingkat probilitas signifikan 0,000 dan nilai probility 0,05. Besarnya Pengaruh Word Of Mouth(Wom) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Calon Mahasiswa Melanjutkan Studi Di Perguruan Tinggi mencapai 25,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Word Of Mouth(Wom) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Calon Mahasiswa Melanjutkan Studi Di Perguruan Tinggi (Survei pada siswa kelas XII SMA Negeri Sekecamatan Tanah Putih)


 


Kata Kunci: Word Of Mouth (X1) Brand Image (X2), Keputusan Calon Mahaiswa (Y)

Article Details

How to Cite
BASKARA, Agus; ERNASARI, Nila. PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN CALON MAHASISWA MELANJUTKAN STUDI DI PERGURUAN TINGGI (Survei pada siswa kelas XII SMA Negeri Sekecamatan Tanah Putih). PEKA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 171-178, apr. 2019. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2987>. Date accessed: 20 oct. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.