MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS X AKUNTANSI SMK KANSAI PEKANBARU

Main Article Content

Riri Chairiah Tity Hastuti

Abstract

Abstrak


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Akuntansi SMK Kansai Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya obeservasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dengan menggunakan model Cooperative Script maka didapatkan Rata-rata penerapan aktivitas guru pada siklus I pertemuan I adalah 61,1% kemudian meningkat pada pertemuan 2 yaitu 69,4. Siklus II pertemuan pertemuan 3 mengalami peningkatan sebesar 83,3 dan pada pertemuan 4 meningkat menjadi 91,6. Rata-rata peningkatan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I adalah 63,8%, pada pertemuan 2 menjadi 72,2% .Siklus II pertemuan 3 adalah 86,1%, pada pertemuan 4 menjadi 94,4%.


Dengan menerapkan model Cooperative Script dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa dari skor dasar ke siklus I yaitu dengan rata-rata 68,5% menjadi 77,6%. Dan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu dengan rata-rata 77,6% menjadi 85,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X Akuntansi SMK Kansai Pekanbaru.


 


Kata kunci: Hasil Belajar, Model Cooperative Script

Article Details

How to Cite
CHAIRIAH, Riri; HASTUTI, Tity. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS X AKUNTANSI SMK KANSAI PEKANBARU. PEKA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 142-156, dec. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2745>. Date accessed: 24 aug. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.