MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS X AKUNTANSI SMK KANSAI PEKANBARU

Authors

  • Riri Chairiah
  • Tity Hastuti

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Akuntansi SMK Kansai Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya obeservasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dengan menggunakan model Cooperative Script maka didapatkan Rata-rata penerapan aktivitas guru pada siklus I pertemuan I adalah 61,1% kemudian meningkat pada pertemuan 2 yaitu 69,4. Siklus II pertemuan pertemuan 3 mengalami peningkatan sebesar 83,3 dan pada pertemuan 4 meningkat menjadi 91,6. Rata-rata peningkatan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I adalah 63,8%, pada pertemuan 2 menjadi 72,2% .Siklus II pertemuan 3 adalah 86,1%, pada pertemuan 4 menjadi 94,4%.

Dengan menerapkan model Cooperative Script dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa dari skor dasar ke siklus I yaitu dengan rata-rata 68,5% menjadi 77,6%. Dan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu dengan rata-rata 77,6% menjadi 85,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X Akuntansi SMK Kansai Pekanbaru.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Cooperative Script

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-28

How to Cite

Chairiah, R., & Hastuti, T. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS X AKUNTANSI SMK KANSAI PEKANBARU. PEKA, 6(2), 142–156. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2745

Issue

Section

Articles