PENGARUH CARA BELAJAR DAN KESIAPAN MENTAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN

Main Article Content

Zakir Has

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh cara belajar dan kesiapan mental  terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini deskriptif kuantatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni 2012, subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras tahun ajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa keseluruhan 104 orang. Sampel diambil oleh peneliti yaitu 50% dari jumlah keseluruhan yang ada yaitu 52 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembaran kuesioner untuk melihat seberapa besar pengaruh cara belajar dan kesiapan mental siswa terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, untuk analisis data digunakan metode deskriptif.


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa adanya pengaruh cara balajar dan kesiapan mental siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras tahun ajaran 2011/2012. Hal ini terbukti dari analisis regresi berganda dimana t hitung  2,178 > t tabel 1,675.


 


Kata kunci: cara belajar, kesiapan mental, dan hasil belajar

Article Details

How to Cite
HAS, Zakir. PENGARUH CARA BELAJAR DAN KESIAPAN MENTAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN. PEKA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 135-141, dec. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2744>. Date accessed: 24 aug. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.