PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 7 PEKANBARU

Main Article Content

M Zaki Muzakir Purba Andy Wijaya

Abstract

Abstrak


Dalam pembelajaran, berbagai masalah yang sering dijumpai diantaranya siswa kurang mampu memahami materi pelajaran yang disampaikan guru sehingga hasil belajar siswa kurang sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Learning Cycle 7e dengan Mind Mapping  pada pokok bahasan Ketenaga Kerjaan dan Pengangguran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, untuk mengetahui pengaruh pengaruh dari suatu perlakukan terhadap subjek penelitian. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Pekanbaru dengan sampel sebanyak 3 kelas, yaitu XI IPS 1 sebagai kelas kontrol, XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen 1,  XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen 2. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang di lakukan pada waktu pretes sebelum proses pembelajaran berlangsung, dan postes yang dilakukan setelah proses pelaksanaan dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis data akhir diperoleh nilai fhitung=9.307 dan ftabel=3.09, yang menunjukkan fhitung>ftabel, artinya ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen 1 XI IPS 2 yang menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7 E dengan Mind Mapp, kelas Eksperimen 2 XI IPS 3 yang menerapkan Model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan kelas Kontrol XI IPS 1 yang menerapkan pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran ketenagakerjaan dan pengangguran di SMA Negeri 7 Pekanbaru.


 


Kata Kunci: Learning Cycle 7e, Mind Mapping, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
MUZAKIR, M Zaki; WIJAYA, Purba Andy. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 7 PEKANBARU. PEKA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 80-89, dec. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2739>. Date accessed: 21 mar. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.