PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KARTU ARISAN DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINIER DI KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Main Article Content

Ernayetti Ernayetti

Abstract

Abstrak


Belajar dan pembelajaran tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia karena belajar manusia dapat  mengembangkan bakat- bakat yang dimilikinya. Pembelajaran merupakan interaksi dua arah dari seorang guru dan peserta didik, dimana antara keduanya terjadi komunikasi (transfer) yang intens dan terarah menuju pada suatu target yang telah ditetapkan sebelumnya. Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang diterima oleh peserta didik SMA/MA. Matematika mempelajari tentang pemecahan msalah yang terdapat didalam kehidupan sehari-hari. Lebih sederhananya dapat dikatakan bahwa matematika erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Apa yang kita alami, apa yang kita lakukan, kenapa hal itu terjadi dan mengapa demikian itu merupakan dampak dari adanya ilmu matematika. Salah satu materi matematika yang dipelajari peserta didik SMA/MA adalah program linier yang termasuk materi yang relatif mudah bagi kebanyakan peserta didik. Model kartu arisan menggunakan prinsip arisan yaitu mendapatkan giliran mencari pertanyaan  dari  jawaban sesuai undian. Jawaban dan pertanyaan dibuat berpasangan. Seluruh kartu jawaban dibagikan kepada seluruh peserta didik sedangkan kartu pertanyaan dipegang oleh guru.ketika guru membacakan setiap kartu soal peserta didik yang mendapat kartu jawaban yang sesuai dengan kartu soal yang dibacakan harus menunjukan. Penerapan model kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar tiap siklus yaitu 75,42% untuk siklus I, 78,28 untuk siklus II dan 83,71 untuk siklus III


 


Kata Kunci : Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Kartu Arisan

Article Details

How to Cite
ERNAYETTI, Ernayetti. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KARTU ARISAN DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINIER DI KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 2 PEKANBARU. PEKA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 58-64, july 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1865>. Date accessed: 17 dec. 2018.
Section
Articles