PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 PERHENTIAN RAJA

Main Article Content

Fitriani Fitriani

Abstract

Abstrak


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan apakah terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here dengan menggunakan media handout terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Adapun penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di SMA Negeri 1 Perhentian Raja. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sampai XI IPS 3. Sampel diketahui dengan memberikan tes awal (pretest) kemudian di uji homogenitasnya dan kelas yang homogen pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3.


Berdasarkan hasil analisis uji-t pada hasil belajar diketahui bahwa nilai thitung pada df 64 diperoleh hasil 4,084 dan nilai ttabel pada df 64 dengan probabilitas 0,25 adalah 1,997. Sehingga thitung ≥ ttabel, maka H0 diterima. Artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran everyone is a teacher here dengan menggnakan media handout terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Perhentian Raja. Selanjutnya hasil analisis uji-t pada keaktifan diketahui bahwa nilai thitung = 5,881 pada df 64 sedangkan ttabel pada df 64 dengan probabilitas 0,25 adalah 1,997. Sehingga thitung ≥ ttabel, maka H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran everyone is a teacher here dengan menggnakan media handout terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Perhentian Raja.


 


Kata Kunci: Metode Everyone is a teacher here, handout, keaktifan, hasil belajar

Article Details

How to Cite
FITRIANI, Fitriani. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 PERHENTIAN RAJA. PEKA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 44-52, july 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1863>. Date accessed: 23 oct. 2018.
Section
Articles