PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Main Article Content

Laila Gusti

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Pekanbaru.


Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa bahwa aktivitas siswa yang relevan dengan kegiatan pembelajaran pada siklus 2 mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus 1 yaitu sebesar 15,35%. Sedangkan aktivitas siswa yang kurang relevan dengan kegiatan pembelajaran pada siklus 2 mengalami penurunan dibandingkan dengan siklus 1 yaitu sebesar 13,16%.


Nilai perkembangan individu dan kelompok terlihat adanya kenaikan jumlah kelompok yang memperoleh penghargaan sebagai kelompok super dari siklus I ke siklus II. Ini berarti bahwa semakin banyak siswa yang nilai perkembangannya meningkat.


Berdasarkan hasil belajar terlihat bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari skor dasar (sebelum tindakan), ke nilai UH I dan nilai UH II (setelah tindakan). Persentase siswa yang mencapai KKM pada skor dasar sebesar 31,56% meningkat menjadi 47,37% pada ulangan harian I dan meningkat lagi yaitu sebesar 78,95% pada ulangan harian II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Pekanbaru


 


Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Article Details

How to Cite
GUSTI, Laila. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 2 PEKANBARU. PEKA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 38-43, july 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1862>. Date accessed: 23 oct. 2018.
Section
Articles